Bahas Pemindahan Ibu Kota, 5 Gubernur se-Kalimantan Kumpul di Balikpapan

Antara ยท Senin, 19 Agustus 2019 - 08:15 WIB
Bahas Pemindahan Ibu Kota, 5 Gubernur se-Kalimantan Kumpul di Balikpapan

Menteri PNN/ Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro. (Foto: Dok iNews).

BALIKPAPAN, iNews.id - Lima gubernur di Pulau Kalimantan berkumpul di Kota Balikpapan pada 19-20 Agustus 2019. Mereka akan membahas Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

"Konsultasi regional dipimpin Menteri PNN/ Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro," kata Kepala Biro Humas dan Tata Usaha Pimpinan Kementerian PPN/Bappenas, Parulian Silalahi di Kota Balikpapan, Kaltim, Senin (19/8/2019).

Menurut Silalahi, pemindahan ibu kota negara merupakan bagian dari proyek besar RPJMN 2020-2024. Karena itu, dalam agenda nanti akan dibahas sejumlah agenda pembangunan.

Antara lain, memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan ekonomi, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan, mewujudkan pembangunan manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Selain itu, membangun kebudayaan dan revolusi mental, memperkuat infrastruktur, meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim. Lalu, memperkuat stabilitas politik hukum dan HAM dan transformasi pelayanan publik.

"Rancangan Awal RPJMN ini akan menjadi acuan menyusun Rencana Strategis (Renstra)," ujar dia.

Renstra nanti menjadi acuan pemerintah daerah (pemda) dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Rapat konsultasi yang berlangsung tersebut juga menghimpun masukan dan menyamakan persepsi dari segenap pelaku pembangunan. Selain gubernur, hadir bupati/wali kota, akademisi, perwakilan perguruan tinggi dan ormas.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal