Baru Melahirkan, Ibu di Balikpapan Sumpal Mulut Bayi hingga Tewas

Amiruddin, Okezone ยท Minggu, 28 Juli 2019 - 08:45 WIB
Baru Melahirkan, Ibu di Balikpapan Sumpal Mulut Bayi hingga Tewas

Ilustrasi pembunuhan bayi. (Foto: Istimewa).

BALIKPAPAN, iNews.id - Seorang ibu muda di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), membunuh anaknya sendiri yang baru dilahirkan di toilet rumah sakit. Dia menyumpal mulut bayi dengan tisu toilet dan menarik paksa tali pusarnya.

Pelaku, SNI (18), melakukan aksi ini saat berada di toilet Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beriman Balikpapan, Gunung Malang pada Rabu (24/7/2019) malam.

Kanit PPA Polres Balikpapan, Ipda Kusmanto mengatakan, kejadian itu bermula saat SNI mengeluh sakit pada perutnya dan sulit buang air besar usai terjatuh dari kamar mandi rumahnya. Ditemani sang paman, dia pergi ke rumah sakit.

"Saat tengah menunggu antrean pasien, dia mengaku mulas dan ingin pergi buang air," kata Kusmanto kepada wartawan di Kota Balikpapan, Kaltim, Sabtu (27/7/2019).

BACA JUGA: Warga Tegal Geger Ada Mayat Bayi Laki-Laki Terbungkus Kresek di Saluran Air

Saat di dalam toilet itulah pelaku melahirkan. Bayi tersebut kemudian disumpal tisu toilet agar tidak bersuara hingga ke tenggorokan. Dia lalu tega mencabut tali pusat bayinya hingga korban tewas.

Setelah memastikan kondisi bayinya tidak bernyawa, pelaku memasukkan jasad bayi ke kantong keresek dan berniat melarikan diri. Petugas yang curiga kemudian memeriksa barang bawaan SNI, dan mereka kaget ternyata isinya mayat bayi baru dilahirkan.

"Dari hasil pemeriksaan, ada luka di tenggorokan bayi pas diperiksa. Berarti dia sumpal masuk tisu itu sampai ke tenggorokan. Tali pusatnya juga langsung ditarik," ujar dia.

SNI pun dibawa ke Mapolres Unit PPA Polres Balikpapan untuk proses pemeriksaan. Hasil pemeriksaan sementara, pelaku berkilah membunuh bayinya.

"Saya cuma mau lap darah yang keluar dari mulut dan hidungnya, enggak sampai dalam. Saya enggak ada niat mau membunuh," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal