Bentuk Masyarakat Pintar dan Sehat, Ma'ruf Amin Kenalkan Konsep 3A

Rakhmatulloh ยท Kamis, 21 Maret 2019 - 16:17 WIB
Bentuk Masyarakat Pintar dan Sehat, Ma'ruf Amin Kenalkan Konsep 3A

Cawapres 01 KH Ma'ruf Amin menjawab pertanyaan awak media saat melakukan safari politik di Balikpapan, Kaltim. (Foto: SINDOnews)

BALIKPAPAN, iNews.id – Cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin berkomitmen mewujudkan masyarakat Indonesia yang pintar, terampil dan sehat jika kelak terpilih pada pemilu presiden (Pilpres) 2019. Salah satu upayanya yakni dengan mengenalkan konsep 3A.

Hal itu diungkapkan Mustaysar PBNU itu saat melakukan safari politik ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Dengan konsep itu, Ma’ruf Amin berharap masyarakat akan menjadi cerdas.


"Kita akan bikin kursus-kursus, saya nyebutnya 3A, tiga akses. Yaitu akses untuk pintar, akses untuk cakap, akses untuk bugar," kata Kiai Ma’ruf dalam sambutannya di acara silaturrahmi bersama Jaringan Kiai-Santri Nasional (JKSN) dan Aliansi Masyarakat Kalimantan Timur, Kamis (21/3/2019).

BACA JUGA:

Safari Politik di Balikpapan, Kiai Ma'ruf Ajak Jaga Keutuhan Bangsa

Ma'ruf: Kalau Tak Pilih Jokowi Rugi karena Akan Mulai Dari Awal Lagi

Menurut Kiai Ma’ruf, A yang pertama dengan membuka kursus-kursus kepintaran. Misalnya, kursus matematika, atau kursus bahasa. Kursus semacam ini dianggap penting untuk pengembangan pendidikan vokasi.

Sedangkan A kedua, fokus untuk kursus pemberian keterampilan. "Kemudian ada kursus-kursus kecakapan misalnya barista kopi, cara bikin kopi, misalnya jadi seorang fotografer, kursus seni, bikin roti," papar Ma’ruf dikutip SINDOnews.

Kursus terakhir atau yang ketiga adalah fokus untuk olahraga. Menurut Kiai Ma’ruf, kursus semacam ini bagus untuk orang-orang tua yang ingin kembali bugar.

Adapun bentuk 3A ini adalah sebuah aplikasi marketplace. Peserta yang mengikuti kursus tersebut bakal mendapatkan sertifikat. "Kalau sudah lama, dapat sertifikat bisa buka usaha sendiri, bisa bekerja jadi pengusaha, usaha-usaha sehingga tidak ada lagi orang nganggur," katanya.


Editor : Kastolani Marzuki