Distribusi Logistik Pemilu ke Mahakam Ulu Kaltim, KPU Pakai Helikopter

Antara ยท Minggu, 14 April 2019 - 17:12 WIB
Distribusi Logistik Pemilu ke Mahakam Ulu Kaltim, KPU Pakai Helikopter

Petugas tampak mengangkat logistik Pemilu 2019 untuk dikirim ke distrik-distrik di Bandara Wamena, Jayawijaya, Papua, Sabtu (13/4/2019). Selain Papua, wilyah lain yang proses distribus gunakan heli yakni di Mahakam Ulu, Kaltim. (ANTARA FOTO/Yusran Uc

SAMARINDA, iNews.id – Distribusi logistik pemilu nyatanya tak hanya menggunakan jalur darat dan air semata. Di Kabupaten Mahakam Uli, Provinsi Kalimatan Timur, proses penyaluran kertas surat suara menggunakan jalur udara menggunakan helikopter.

"Rencananya ada dua kecamatan di Kabupaten Mahakam Ulu yang fokus distribusinya akan menggunakan Helikopter," kata Ketua KPU Kaltim Rudiansyah, Minggu (14/4/2019).

Dia menjelaskan, kedua kecamatan itu yakni Long Pahangai dan Long Apari. Pertimbangan ini lantaran akses dan medan menuju kawasan tersebut sangat berat. Hanya bisa ditempuh dengan menggunakan jalur Sungai Mahakam.

Khususnya di Kecamatan Long Pahangai yang merupakan wilayah paling barat di Kaltim, serta berbatasan langsung dengan Malaysia. KPU mengklaim dibutuhkan helikopter agar proses distribusi lebih efisien.

BACA JUGA: KPU Minta Bantuan TNI Distribusi Logistik Pemilu 2019

"Logistik untuk Kabupaten Mahulu sebagian besar sudah sampai juga. Helikopter sudah siap terbang tapi kesiapan logistik kami yang baru tiba jadi harus di-set. Karena ketika logistik datang, kami menyortir dulu kelayakannya baru kemudian dilipat sehingga saat sore hari baru bisa terbang," kata Rudiansyah.

KPU Kaltim mengaku lega karena Kodam VI/Mulawarman bersedia membantu pendistribusian logistik pemilu via jalur udara menggunakan Helikopter milik TNI AD. Selain itu, Pemprov Kaltim juga telah menyanggupi dengan membantu menyediakan avtur untuk bahan bakar.

Dia menjelaskan, total ada dua kecamatan dan terdapat 37 TPS. Terdiri atas 16 TPS di Long Apari dan 21 TPS di Long Pahangai. Sementara jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 7.000-an orang.

Rudiansyah mengaku belum dapat memprediksi berapa kali logistik akan disalurkan ke dua wilayah Kecamatan tersebut. Namun pihaknya memperkirakan akan ada 22 kali penerbangan helikopter untuk menyalurkan logistik.

Saat ini Helikopter keberadaan helicopter TNI AD tersebut sudah berada di Long Bagun, dekat titik angkut logistik pemilu di Kabupaten Mahakam Ulu. Sementara untuk kawasan lainnya, pihaknya masih mengupayakan jalur darat dan air untuk pendistribusian logistik.

"Kecuali wilayah Sandaran di Kutai Timur, kami menggunakan kapal perang milik TNI Angkatan Laut. Yang jelas tetap jalur darat dan air yang masih normal untuk daerah lainnya," tuturnya.


Editor : Donald Karouw