Kebakaran Hebat Hanguskan 50 Rumah, Gereja dan Musala di Kukar

Fairuzzabady, Okezone ยท Kamis, 17 Januari 2019 - 11:05 WIB
Kebakaran Hebat Hanguskan 50 Rumah, Gereja dan Musala di Kukar

Api menghanguskan puluhan rumah, rumah ibadah dan sekolah di Jalan Danau Semayang, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kukar, Kaltim, Rabu (16/1/2019) malam. (Foto: iNews/Fairuzzabady)

KUTAI KARTANEGARA, iNews.id – Kebakaran hebat melanda permukiman padat di Jalan Danau Semayang, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (16/1/2019) sekira pukul 20.00 Wita. Sebanyak 50 rumah, gereja, musala dan gedung sekolah TK, ludes terbakar. Namun, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Menurut informasi dari warga, rumah ibadah yang terbakar yakni Gereja Pantekosta Indonesia Philadelpia Family, Musala Assunah, dan gedung TK Mahakam Philadelpia. Akibat musibah ini, sebanyak 57 KK atau 227 jiwa di tiga RT, yakni RT 14, 15 dan 16, kehilangan tempat tinggal.

Kebakaran yang terjadi pada malam hari ini membuat panik warga setempat. Dengan peralatan seadanya, warga bahu-membahu berusaha memadamkan api. Kondisi gang yang sempit, tiupan angin yang kencang serta sebagian besar kontruksi rumah dari kayu membuat api semakin cepat membesar.

BACA JUGA:

Kebakaran di Binjai Kabupaten Langkat, Warga Dengar Suara Ledakan

Puluhan Rumah Warga Tambora Ludes Terbakar, 30 Mobil Damkar Dikerahkan

Kondisi ini diperparah dengan banyaknya warga yang menonton kebakaran hingga menyebabkan kemacetan di jalan. Setelah hampir 15 menit api berkobar, sejumlah mobil pemadam kebakaran bersama relawan mulai berdatangan. Sirine meraung-raung membuka jalan yang macet dari keramaian warga.

Pemadam Kebakaran Kukar menerjunkan 11 unit mobil dibantu relawan dari Kota Samarinda sebanyak 15 unit mobil dan PMK Loa Janan sebanyak 10 Unit serta dibantu petugas TNI-Polri dan warga setempat.

Selama 3,5 jam berjibaku melawan amukan si jago merah, akhirnya api bisa dipadamkan. Sejumlah lokasi di Kota Tenggarong gelap gulita akibat listrik padam.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, api berawal dari rumah salah seorang warga di Gang 10. Rumah tersebut dalam keadaan kosong karena si pemilik rumah sedang berjualan buah di pasar malam.

“Kebakaran ini terjadi di Gang 7,8,9 dan 10 yang tersebar di tiga RT, yakni 14, 15 dan 16,” kata Kasubbag Humas Polres Kukar AKP Yunus TP.

Polisi sudah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lokasi kebakaran untuk mengetahui asal muasal api dan penyebab kebakaran. Sementara kerugian akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai miliaran rupiah.


Editor : Maria Christina