Pascakerusuhan Warga di Penajam Paser Utara, Pelabuhan Penyeberangan Mulai Dibuka

Mukmin Azis ยท Kamis, 17 Oktober 2019 - 10:26 WIB
Pascakerusuhan Warga di Penajam Paser Utara, Pelabuhan Penyeberangan Mulai Dibuka

Penumpang mulai ramai di Dermaga Kampung Baru Tengah, Kota Balikpapan, menunggu kapal untuk menyeberang ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, Kamis (17/10/2019). (Foto: iNews/Mukmin Azis)

BALIKPAPAN, iNews.idPascakerusuhan yang terjadi di Pelabuhan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (16/10/2019), aktivitas pelabuhan penyeberangan mulai berangsur normal. Pelabuhan yang sebelumnya sempat ditutup karena ada aksi pembakaran oleh warga sudah dibuka, Kamis pagi (17/10/2019).

Informasi yang diperoleh iNews dari petugas Dermaga Kampung Baru Tengah Pemkot Balikpapan, akses penyeberangan tradisional melintasi Teluk Balikpapan itu sudah kembali dibuka sejak pukul 06.00 WITA. Warga dari Balikpapan sudah bisa menyeberang ke Penajam Paser Utara.

“Pelabuhan sudah mulai dibuka kembali untuk aktivitas speedboat, mulai jam 6 pagi tadi, sudah normal,” kata petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Dermaga Kampung Baru Tengah Pemkot Balikpapan, Selamet Wahyudi.

 

BACA JUGA:

Kerusuhan di Penajam Paser Utara, Polda Kaltim Terjunkan 4 SSK

Kondisi Penajam Paser Utara Mulai Kondusif Pasca-Kerusuhan, Polisi Larang Warga Sebar Foto

 

Namun, akses penyeberangan khusus dengan kapal kayu klotok menuju Pelabuhan Penajam Paser Utara belum dibuka lantaran dermaga sandar Pelabuhan Klotok hangus terbakar saat bentrokan kemarin. Akibatnya, terjadi penumpukan penumpukan di pelabuhan karena warga tidak punya pilihan lain selain menggunakan speedboat.

“Untuk sementara penumpang hanya bisa memakai speedboat saja. Sedangkan kapal klotok belum bisa karena dermaga di PPU belum bisa dipakai karena terbakar kemarin. Kami juga belum bisa memastikan kapan dermaganya bisa beroperasi lagi,” katanya.

Warga menunggu kapal tiba di Dermaga Kampung Baru Tengah, Kota Balikpapan untuk menyeberang ke Pelabuhan Penajam Paser Utara, Kaltim, Kamis (17/10/2019). (Foto: iNews/Mukmin Azis)

Kerusuhan antarwarga di Pelabuhan Penajam Paser Utara terjadi Rabu (9/10/2019) sore. Massa menenteng senjata tajam berlalu lalang di sekitar pelabuhan penyeberangan. Massa juga dilaporkan membakar sejumlah rumah dan kios yang diduga milik warga pendatang di wilayah calon Ibu Kota Negara baru itu.

Kondisi daerah calon Ibu Kota Negara baru itu mulai berangsur kondusif sekitar pukul 19.00 WITA setelah Polda Kaltim menerjunkan empat satuan setingkat kompi (SSK).

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Ade Yaya Suryana menjelaskan, kerusuhan itu merupakan buntut kasus pembunuhan yang menimpa seorang pemuda Penajam. “Kasus itu sudah ditangani Polres Penajam Paser Utara dan tiga tersangka sudah ditahan di Polda Kaltim,” katanya.


Editor : Maria Christina