Pekerja Perkebunan Kelapa Sawit di Kaltim Tewas Tenggelam di Danau Eks Tambang Batubara

Zulkifli Yunus ยท Rabu, 02 Oktober 2019 - 19:54 WIB
Pekerja Perkebunan Kelapa Sawit di Kaltim Tewas Tenggelam di Danau Eks Tambang Batubara

Proses evakuasi korban tenggelam di danau eks batubara di Tanah Laut Kaltim, Rabu (2/9/2019). (Foto: iNews.id/Zulkifli Yunus)

TANAH LAUT, iNews.id - Seorang lelaki pekerja perkebunan kelapa sawit di Desa Damit Hulu, Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kaltim) ditemukan tewas Rabu (2/10/2019) di dasar danau eks tambang batubara PT TKD. Lokasi penemuan mayat berjarak 10 meter dari lokasi dia menceburkan diri Selasa (1/10/2019) dan di kedalaman 15 meter.

Dua penyelam dari Basarnas Banjarmasin Kalsel akhirnya berhasil mengangkat jasad Seprinus (21) dari dasar danau setelah dua kali penyelaman.

Menurut salah satu rekan korban, Nicko, korban sempat mempraktekkan loncat sebelum tenggelam. “Tidak berapa lama, tiba-tiba rekan yang lain teriak kalau korban sudah tidak muncul lagi ke permukaan,” katanya.

BACA JUGA: 3 Pekerja Proyek Tewas Tenggelam saat Mandi Jumatan di Bendungan Wates Madiun

Dari informasi yang berhasil dihimpun iNews.id, kjadian bermula saat warga Kecamatan Boking, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu bersama lima rekannya mandi di lokasi. Mereka terpaksa mandi di danau akibat ketersediaan air di camp tempat mereka tinggal sudah mulai mengering.

Korban menceburkan diri paling akhir dengan posisi kepala terlebih dulu. Setelah itu, korban tidak muncul kembali ke permukaan.

Kelima temannya yang panik sempat melakukan pencarian sebelum akhirnya meminta bantuan warga dan melaporkannya ke perusahaan.

Proses pencarian korban melibatkan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut, Babinsa, anggota Polsek Batu Ampar, warga Damit Hulu dan karyawan PT Gawi Makmur Kalimantan tempat korban bekerja. Namun hingga pagi hari, jasad korban juga tak kunjung ditemukan.

BACA JUGA: Ikut Perkemahan Sekolah di Danau Toba, Siswi SMA Pematangsiantar Tewas Tenggelam

Akhirnya, dua dari enam anggota Basarnas Banjarmasin yang datang bersama Kepala Pelaksana BPBD Tanah Laut, Muhammad Kusri melakukan pencarian dengan menyelam. Hanya dalam dua kali penyelaman, korban berhasil ditemukan sekitar pukul 11.00 WITA.

Menurut Samlan, salah satu penyelam, pada penyelaman pertama, mereka berada di kedalaman sekitar 10 meter dan masih berupa dinding danau. Sementara pada penyelaman kedua, mereka menyelam agak ke tengah sampai akhirnya menemukan jasad korban.

“Korban ditemukan di dasar danau dengan kedalaman 15 meter,” katanya usai menyelam.

Usai ditemukan, jasad korban segera dievakuasi menggunakan mobil BPBD Tanah Laut menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hadji Boejasin Pelaihari untuk keperluan visum. Rencananya jasad korban akan dipulangkan ke kampung halamannya oleh perusahaan tempatnya bekerja.


Editor : Umaya Khusniah