Rekrutmen Calon Prajurit dari Perbatasan Diakui Punya Nilai Strategis

Andi Mohammad Ikhbal ยท Sabtu, 16 Maret 2019 - 05:55 WIB
Rekrutmen Calon Prajurit dari Perbatasan Diakui Punya Nilai Strategis

Proses seleksi calon prajurit di wilayah perbatasan. (Foto: Istimewa).

BALIKPAPAN, iNews.id – Rekrutmen calon prajurit yang berasal dari wilayah perbatasan, terluar dan pedalaman memiliki nilai strategis, baik dalam hal pembangunan kekuatan TNI AD maupun sistem pertahanan negara.

Ini disampaikan Kapendam VI/Mlw, Kolonel Kav Dino Martino, di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (15/3/2019) usai proses seleksi tahap awal calon prajurit TNI dari Kaltim dan Kaltara, yang merupakan daerah perbatasan.

Dengan adanya putra-putri dari wilayah tersebut, kata dia, secara otomatis TNI telah mendukung penyiapan kekuatan pertahanan wilayah di tiga titik itu.

"Kemudian, tingginya animo (pendaftar) calon prajurit disana juga menandakan bahwa generasi mudanya memiliki kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan yang tinggi pula," kata dia.

Meski mereka yang berasal dari wilayah perbatasan, terluar dan pedalaman, tetap harus melewati proses seleksi. Di Kota Balikpapan ini merupakan tahap lanjutan, yakni pemeriksaan kesehatan.

"Sebelumnya dilaksanakan pemeriksaan adminsitrasi kembali oleh tim seleksi," kata dia.

Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di Rumah Sakit TK II dr.R.Hardjanto, sedangkan untuk tes administrasi di kantor Ajudan Jenderal Kodam VI/Mulawarman.

Menurut dia, kedua tahap itu penting, agar penyelenggaraan seleksi ini dapat berjalan dengan lancar dan aman. Terlebih, aspek kesehatan, mutlak dilalui dan dipenuhi oleh para peserta seleksi.

"Materinya pun sangat lengkap, dari mulai kesehatan bagian luar dan dalam, termasuk pemeriksaan narkoba, kesehatan jiwa dan lain sebagainya," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal