Tiga Orang Tewas di Kukar Diduga Keracunan Genset saat Tidur

Bambang Ir, Okezone ยท Jumat, 28 Desember 2018 - 08:53 WIB
Tiga Orang Tewas di Kukar Diduga Keracunan Genset saat Tidur

Lokasi Penemuan 3 Mayat Diduga Keracunan Asap di Kutai Kartanegara (Foto: Okezone/Bambang Ir)

KUTAI KARTANEGARA, iNews.id - Tiga orang ditemukan tewas di dalam kamar sebuah konter handphone di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Muara Jawa Pesisir, Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Mereka diduga keracunan asap dari mesin genset yang dinyalakan sebelum tidur.

Ketiga korban yakni si pemilik konter Galllery Ponsel, Gustiana (28), sang anak Kenzie (4) dan karyawan konter, Ermawati (19). Polisi menduga mereka keracunan asap genset di dalam rumah. Ironisnya, Gustiana yang juga menjadi korban saat itu tengah mengandung tujuh bulan.

Kapolsek Muara Jawa, AKP Agus Arif Wijayanto, mengakui sempat terjadi mati lampu di daerah tersebut sekitar pukul 22.00 WITA. Karena itulah korban menyalakan genset di bagian dapur. Sementara, seluruh ruangan tertutup rapat tanpa ada ventilasi udara.

BACA JUGA: 10 Siswi SMP Keracunan Gas CO dari Genset Dilarikan ke Rumah Sakit

"Dugaan ini juga dikuatkan dengan keterangan dokter yang memeriksa jasad korban," kata Agus saat dikonfirmasi wartawan dari Kutai Kartanegara, Kaltim, Jumat (28/12/2018).

Dia menyatakan, dari tubuh para korban ditemukan ruam warna merah muda pada bagian kulit. Kemudian, di bagian hidung keluar lendir yang menjadi ciri-ciri keracunan. Bahkan lendir yang keluar di hidung Kenzie, korban balita, bercampur darah.

"Saat ditemukan posisi tangan Kenzie seperti sedang menutup hidung," katanya.

Dalam pemeriksaan tersebut, tidak ditemukan tanda-tanda bekas penganiayaan, begitu juga barang berharga tak ada yang hilang. Menurut Agus, posisi pintu kamar dan jendela juga masih terkunci dari dalam.

BACA JUGA: 100-an Korban Keracunan Massal di Nganjuk Masih Menjalani Perawatan

Saat ditemukan, tubuh ketiga korban sudah terbujur kaku di atas kasur dengan posisi Kenzie tidur di tengah, diapit Gustiana di sebelah kanan dan Ermawati di bagian kiri.

"Sementara suami korban tengah berada di Malaysia membawa anaknya berobat," katanya.

Korban ditemukan oleh orang tuanya sekitar pukul 08.00 WITA, yang saat itu merasa curiga lantaran toko konter tidak juga buka, padahal hari sudah siang. Orang tua korban kemudian berinisiatif mengetuk pintu dari luar, namun tak ada yang menyahut, sehingga dia dibantu warga mencongkel plafon toko.

Setelah berhasil masuk, tercium bau asap genset dan di dalam kamar ketiganya ditemukan sudah tidak bernyawa di atas kasur.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal