Waspada, Kepulauan Riau Akan Diguyur Hujan Sepanjang Hari

Antara ยท Jumat, 22 Juni 2018 - 07:18 WIB
Waspada, Kepulauan Riau Akan Diguyur Hujan Sepanjang Hari

Ilustrasi hujan. (Foto: dok.okezone)

BATAM, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperingatkan potensi hujan lebat di wilayah Daik Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), dengan kelembaban udara mencapai 55 hingga 95 persen, pada Jumat  (22/6/2018) pagi, siang dan dini hari.

"Warning, waspada terhadap potensi terjadinya hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Daik Lingga," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Debora Trully Marpaung.

Selain di Lingga, BMKG memprakirakan cuaca Kepri umumnya berawan serta berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat, laut dan udara," ujarnya.

Menurut dia, terbentuknya pola belokan angin (shearline) di wilayah Kepri menyebabkan terjadinya penumpukan massa udara di sekitar wilayah tersebut yang mendukung proses pertumbuhan awan-awan konvektif.

Sementara tinggi gelombang laut di seluruh Kepri diperkirakan antara 0,1 hingga 1 meter dengan arus laut dengan kecepatan 30 hingga 50 cm per detik.

Suhu udara dicatat antara 24 hingga 32 derajat celcius, paling panas berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Natuna dan Kepulauan Anambas.


Editor : Muhammad Saiful Hadi