Ratusan Rumah di Belakang Kantor Bersama Pemkot Batam Terbakar

Antara, Gusti Yennosa ยท Sabtu, 14 Juli 2018 - 10:59 WIB
Ratusan Rumah di Belakang Kantor Bersama Pemkot Batam Terbakar

Lokasi musibah kebakaran yang menghanguskan ratusan rumah dan membuat 590 jiwa mengungsi. (Foto: iNews/Gusti Yennosa)

BATAM, iNews.id – Musibah kebakaran menghanguskan ratusan rumah semi permanen di Daerah Baverly Batam Center, RT 03 RW 28 Kelurahan Belian, Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (14/7/2018) pagi. Tepatnya di belakang gedung Kantor Dinas Bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Batam.

Dalam peristiwa itu, ratusan jiwa terpaksa mengungsi dan kehilangan harta benda, serta barang berharga lainnya. Bahkan ada laporan warga yang mengalami luka dalam musibah tersebut.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki mengatakan, kebakaran terjadi pada pukul 05.00 WIB, saat mayoritas penghuni rumah masih terlelap tidur. Tiupan angin yang kencang membuat kobaran api dengan cepat membesar dan membakar rumah yang saling berhimpitan.

Material rumah yang rata-rata terbuat dari bahan kayu dan triplek menjadikan api dengan waktu singkat menghanguskan dua ratusan rumah yang ada di sekitar lokasi tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran.

Api baru bisa dipadamkan tiga jam kemudian dengan mendatangkan tujuh unit armada mobil pemadam kebakaran (damkar) Pemkot Batam. Para warga saat ini diungsikan ke posko bersama yang dipusatkan di gedung Dispenda setempat.

Kepala Bagian Humas Pemkot Batam Yudi Admaji mengatakan, kebakaran terjadi di permukiman liar yang berlokasi di belakang Kantor Gedung Bersama Pemkot Batam. Ada seorang korban menderita luka ringan yang saat ini dalam perawatan.

"Jumlah kepala keluarga yang terdata jadi korban kebakaran hingga saat ini sebanyak 189 KK dengan jumlah 590 jiwa," kata Yudi.

Hingga saat ini jajaran Polresta Barelang sudah memasang garis polisi dan melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran yang diperkirakan menimbulkan kerugian hingga miliaran rupiah tersebut.


Editor : Donald Karouw