Pria di Bintan Selamat Usai 20 Menit Berjibaku dengan Buaya Muara

Koran SINDO · Jumat, 03 Agustus 2018 - 18:03 WIB
Pria di Bintan Selamat Usai 20 Menit Berjibaku dengan Buaya Muara

Sidah (46) seorang pekerja di Pulau Mantang selamat dari terkaman seekor buaya, di bekas tambang Bauksit di Mantang Lama, Kecamatan Mantang, Kabupaten Bintan. (Foto: Koran Sindo)

BINTAN, iNews.id – Nasib Sidah (46), pekerja proyek jalan di Pulau Mantang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, bisa dibilang sangat mujur saat ini. Bagaimana tidak, dia selamat usai berjibaku selama 20 menit dengan seekor buaya muara. Peristiwa mengejutkan itu terjadi di lokasi kubangan kolam bekas tambang bauksit di Desa Mantang Lama, Kecamatan Mantang, Kabupaten Bintan, Kamis (2/8/2018) sore.

Kendati sempat digigit kakinya, Sidah yang tak menyerah saat diterkam buaya terus melawan sekuat tenaga. Beruntung, kakinya pun akhirnya dapat terlepas dari gigitan buaya.

Camat Mantang, Pilihan membenarkan peristiwa langka tersebut. Dia mengaku, selama menjabat sebagai camat di salah satu pulau terluar Kabupaten Bintan itu, baru kali ini dirinya menemukan peristiwa seperti itu.

“Iya benar, saya dapat laporannya tadi malam, kebetulan saat kejadian saya sedang di Bintan Buyu karena ada acara, kronologinya saya kurang tahu pasti, namun dia bukan warga kita. Dia merupakan pekerja yang saat ini sedang mengerjakan proyek semenisasi jalan di Mantang,” ujar Pilihan, Jumat (3/8/2018).

Dia menyampaikan, peristiwa ini tergolong langka, lantaran di wilayahya belum pernah terjadi ada penyerangan buaya terhadap warga. “Memang warga pernah melihat ada buaya. Kadang-kadang muncul ke permukaan. Itupun jarang. Mudah-mudahan hal ini tidak terjadi lagi, dan menjadi perhatian dan kewaspadaan bagi warga kita,” ucapnya.

Menurut Pilihan, saat ini korban penyerangan buaya telah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bintan di Kijang, Kecamatan Bintan Timur, untuk dirawat. “Korban terselamatkan dan sudah mendapatkan perawatan di Kijang. Sementara buaya tidak tertangkap. Kami imbau warga berhati-hati mendekati wilayah perairan tempat habitat buaya,” ujarnya.

Yanti, salah seorang warga Mantang menyampaikan, buaya yang melakukan penyerangan terhadap warga termasuk buaya yang berukuran cukup besar. “Kira-kira panjang dua meteran. Besar. Untung bapak itu melawan dan terlepas dari gigitan buaya,” ucapnya.


Editor : Himas Puspito Putra