Polda Kepri Tenggelamkan 3 Kapal Asing Pencuri Ikan

Gusti Yennosa · Senin, 20 Agustus 2018 - 20:33 WIB
Polda Kepri Tenggelamkan 3 Kapal Asing Pencuri Ikan

Kondisi kapal asing yang ditenggelamkan dengan cara dilubangi bagian bawahnya di Perairan Kepri. (Foto: iNews/Gusti Yenossa)

BATAM, iNews.id – Direktorat Polair Polda Kepulauan Riau (Kepri) menenggelamkan tiga kapal nelayan asing yang diamankan saat menangkap ikan di Perairan Indonesia, Senin (20/8/2018). Namun cara penenggelamannya tidak diledakan dengan dinamit seperti yang sudah-sudah. Melainkan dengan melubangi kapal dan diberikan pemberat.

Dirpolair Polda Kepri Kombes Pol Benyamin Sapta mengatakan, sebelumnya petugas gabungan telah mengamankan sembilan kapal berbendera asing terlibat aksi pencurian ikan di wilayah laut teritorial Indonesia. Dari jumlah itu, tiga sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

“Kapal berbendera Vietnam dan Thailand ini kami tangkap di Perairan Anambas dan Natuna,” kata Sapta.

Ketiga unit kapal yang ditenggelamkan yakni KM KNF 7729, KM BV 5561 TS , dan KNF 7730. Sementara enam unit kapal lainnya masih dalam proses putusan persidangan.

Sapta menjelaskan, penenggelaman kapal sebagai rangkaian operasi penindakan hukum yang dilakukan Polri maupun KKP berkaitan kasus illegal fishing. Penegakan hukum di laut tersebut demi mewujudkan kedaulatan bangsa Indonesia, baik secara ekonomi dalam doktrin poros maritim dunia.

"Kedaulatan maritim tidak bisa diabaikan di mana salah salah satunya dengan melakukan penegakan hukum terhadap pelaku pencurian ikan oleh kapal ikan asing," ujarnya.

Dalam proses penggelaman kapal itu disaksikan berbagai instansi seperti PSDKP Batam, Lanal Batam, Kejati Kepri, dan Kejagung, serta didukung putusan Pengadilan Negeri (PN) Batam. Sementara cara penenggelaman dengan melubangi dan tidak diledakan sesuai arahan Menteri Kelautan dan Perikanan, agar tidak merusak ekosistem laut.


Editor : Donald Karouw