Bakamla Tangkap Kapal Ikan Berbendera Vietnam di Pulau Sekatung Kepri

Kastolani ยท Senin, 01 Juli 2019 - 19:44 WIB
Bakamla Tangkap Kapal Ikan Berbendera Vietnam di Pulau Sekatung Kepri

Tim Patroli Laut Bakamla mengamankan kapal asing yang menangkap ikan ilegal di perairan Indonesia. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Tim Patroli Laut Badan Keamanan Laut (Bakamla) menangkap kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam yang sedang beraktivitas menangkap ikan ilegal di sebelah utara Pulau Sekatung, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (30/6/2019).

Kasubbag Humas Bakamla Letkol Bakamla Mardiono mengatakan, penangkapan kapal berbendera Vietnam itu berawal saat Kapal Patroli Bakamla KN Bintang Laut-401 yang dikomandani Kapten Margono sedang melaksanakan tugas operasi rutin keamanan dan keselamatan laut di area tersebut.

“Selang beberapa waktu, KN Bintang Laut mendapati sebuah KIA yang terindikasi sedang melakukan aktivitas penangkapan ikan secara ilegal,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Senin (1/7/2019).

BACA JUGA: Bakamla Tangkap Kapal Berbendera Malaysia dan Bawa Sabu di Teluk Aru

Pulau Sekatung adalah pulau terluar dan paling utara di wilayah provinsi Kepulauan Riau yang terletak di laut Natuna Utara, dan berbatasan dengan negara Vietnam.

Dari hasil pemeriksaan awal, diperoleh data bahwa KIA tersebut memiliki nama lambung DVQ. Diawaki 20 orang anak buah kapal (ABK) berkebangsaan Vietnam. Saat ditangkap KIA tersebut berjenis pear trawl dengan tanda selar anjungan warna hijau, dan lambung warna biru, sedang mengangkut hasil tangkapan sebanyak kurang lebih 500 kg ikan yang diambil dari perairan Indonesia.

“KIA DVQ berbendera Vietnam diduga telah melakukan pelanggaran batas wilayah dan melakukan aktivitas penangkapan di perairan laut Indonesia tanpa dilengkapi dokumen yang sah,” ujar Mardiono.

Untuk mempertanggungjawabkan pelanggarannya, kapal beserta ABK dikawal menuju Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Ranai.


Editor : Kastolani Marzuki