Bakamla Tangkap Kapal Vietnam Berbendera Malaysia di Perairan Natuna

Donald Karouw ยท Rabu, 28 November 2018 - 16:48 WIB
Bakamla Tangkap Kapal Vietnam Berbendera Malaysia di Perairan Natuna

Petugas Bakamla memeriksa ABK kapal asing berbendera Malaysia yang ditangkap saat menangkap ikan secara ilegal di perairan Kepulauan Natuna, Kepri. (Foto: IST)

JAKARTA, iNews.id – Kapal Patroli Badan Keamanan Laut (Bakamla) KN Bintang Laut 4801 kembali menangkap kapal ikan asing (KIA) asal Vietnam dan menggunakan bendera Malaysia di perairan Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Kapal membawa 11 anak buah kapal (ABK) yang seluruhnya warga negara Vietnam.

Kasubbag Humas Bakamla RI Mayor Marinir Mardiono memaparkan, kapal tersebut ditangkap oleh KN Bintang Laut 4801 saat melakukan operasi rutin di wilayah perairan Natuna Utara, Senin (26/11/2018). Petugas Bakamla menemukan kapal melakukan aktivitas ilegal di wilayah perairan Indonesia.

“Berdasarkan pemeriksaan awal, kapal diduga sedang menangkap ikan secara ilegal di wilayah perairan Indonesia dengan menggunakan alat tangkap jaring apung,” kata Mayor Marinir Mardiono dalam keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Rabu (28/11/2018).


BACA JUGA: 

Bakamla Tangkap 2 Kapal Vietnam Berbendera Malaysia di Perairan Natuna

Bakamla Tangkap Kapal Berbendera Malaysia dan Bawa Sabu di Teluk Aru


Selain itu, awak kapal tidak dapat menunjukkan dokumen yang sah dalam melakukan aktivitasnya. Beberapa dokumen penting berlayar yang tidak dapat ditunjukkan antara lain Surat Izin Usaha Penangkapan (SIUP), dan Surat Izin Pengangkut Ikan (SIPI), yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Kapal tersebut selanjutnya diamankan petugas ke Pelabuhan Batam, Provinsi Kepri. Petugas juga memeriksa para ABK. “Saat ini, kapal asing tersebut dikawal oleh KN Bintang Laut 4801 yang dikomandani oleh Cap Margono Eko ke Pelabuhan Batam untuk pemeriksaan lebih lanjut,” paparnya.


Editor : Maria Christina