Bea Cukai Batam Amankan Kurir Narkoba Sembunyikan Sabu di Anus

Gusti Yennosa ยท Selasa, 25 Juni 2019 - 09:20 WIB
Bea Cukai Batam Amankan Kurir Narkoba Sembunyikan Sabu di Anus

Barang bukti narkoba jenis sabu diamankan petugas kepolisian. (Foto: Dok iNews)

BATAM, iNews.id - Petugas Bea dan Cukai Batam, Kepulauan Riau (Kepri), kembali menggagalkan dugaan penyelundupan narkoba jenis sabu. Pelaku menyembunyikan barang haram tersebut di dalam anusnya.

Kasi Penindakan Bea dan Cukai Batam, Febian Cahyo Wibowo mengatakan, sabu yang dibawa pelaku seberat 317 gram. Rencananya pelaku, Sahlan, akan membawa sabu tersebut ke Lombok lewat Bandara Hang Nadim Batam.

"Untuk mengelabui petugas, dia menyimpan sabu dimasukkan ke dalam anusnya," kata Febian kepada wartawan di Kota Batam, Kepri, Senin (25/6/2019).

Penangkapan ini, kata dia, berawal saat pelaku yang terlihat gelisah di ruangan chek in tiket bandara. Sewaktu melewati alat pemindai, petugas yang curiga langsung mengamankan pelaku.

BACA JUGA: Satpol PP Kewalahan Main Kucing-kucingan dengan PSK di Tondo Kiri Palu

Dia pun dibawa ke ruang pemeriksaan Bea dan Cukai Batam. Saat diinterogasi, Sahlan mengaku, sedang menyimpan tiga bungkus narkoba yang dimasukkan dalam perut melalui anus seberat 317 gram.

Pelaku, Sahlan mengatakan, nekat menjadi kurir sabu karena terdesak kebutuhan biaya untuk mengobati orang tuanya di Lombok. Dia dijanjikan bayaran sebesar Rp30 juta oleh seorang bandar di Batam berinisial EK.

"Saya hanya jemput sabu ini ke Batam. Lalu saya bawa ke Lombok," ujar dia.

Untuk penyidikan lebih lanjut, pelaku pihak Bea dan Cukai Batam menyerahkan pelaku dan kasus tersebut ke Satresnarkoba Polresta Barelang, Batam.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal