Buaya Sepanjang 4 Meter Tertangkap di Kolam Hebohkan Warga Bintan

Ahmad Afandi Pohan ยท Senin, 12 November 2018 - 21:23 WIB
Buaya Sepanjang 4 Meter Tertangkap di Kolam Hebohkan Warga Bintan

Warga mengikat buaya yang terjerat perangkap di kolam di Kampung Sei Jeram, Desa Lancang Kuning, Bintan, Kepri, Senin (12/11/2018). (Foto: iNews/Ahmad Afandi Pohan)

BINTAN, iNews.id – Warga Kampung Sei Jeram, Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara, Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), heboh setelah berhasil menangkap seekor buaya sepanjang 4 meter di kolam milik warga, Senin sore (12/11/18).

Kecurigaan warga selama ini pun akhirnya terjawab. Selama enam bulan terakhir, warga Kampung Sei Jeram, Bintan, curiga karena ikan di kolam terus berkurang, tanpa bekas. Warga yang penasaran akhirnya memasang penjerat di sebuah sungai, tak jauh dari kolam.

Sejumlah warga lalu mengaku mendengar suara berisik dari arah air sungai yang tak jauh dari kolam ikan pada Minggu dini hari(11/11/2018) sekitar pukul 04.00 WIB. Karena suasana masih gelap, warga tidak berani untuk melihat binatang apa yang masuk ke penjerat.

Setelah hari cukup terang di lokasi, warga kemudian kembali memeriksa sumber suara tersebut. Mereka langsung heboh setelah menemukan ada buaya sepanjang 4 meter yang sudah terikat dengan tali jeratan.

BACA JUGA:

3 Ekor Buaya Muncul di Muara Sungai Bogowonto, Warga Resah

Buaya 3 Meter Ditangkap Warga Saat Hendak Memangsa Ternak di Jambi

Warga kemudian melaporkan penemuan buaya ke pihak berwajib. Bersama warga, petugas dari Balai Karantina, Bhabinkamtibmas Desa Lancang Kuning langsung mengevakuasi buaya untuk diamankan ke Taman Safari Lagoi Bintan, Senin sore.

“Selama ini kami enggak tahu, binatang yang memangsa ikan-ikan itu. Jadi kami sengaja pasang jerat. Ternyata binatang yang memangsa ikan-ikan itu buaya. Kami langsung melapor ke RT, RW dan Bhabinkabtibmas,” kata warga, Syofian.

Kepala Pos Karantina Kelautan dan Perikanan (KKP) Lagoi Bintan, Delfis mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi mengenai penangkapan buaya dari kepolisian setempat. Dia selanjutnya turun ke lokasi untuk mengevakuasi hewan reptilia itu dan membawanya ke Safari Lagoi Bintan.

“Setelah koordinasi, pihak Safari Lagoi Bintan siap menerima buaya itu, jadi kami bawa ke sana bersama para petugas,” katanya.

Sementara Bhabinkamtibmas Desa Langcang Kuning Bintan Aiptu Musalim mengimbau warga untuk selalu waspada mengingat rumah warga yang dekat dengan muara sungai. Dia juga meminta warga segera melapor jika kembali menemukan buaya di sekitar sungai.


Editor : Maria Christina