H+4 Lebaran, Penumpang Padati Pelabuhan SBP Tanjungpinang Kepri

Antara ยท Minggu, 09 Juni 2019 - 16:47 WIB
H+4 Lebaran, Penumpang Padati Pelabuhan SBP Tanjungpinang Kepri

Kapal di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Kepri. Pada H+4 Lebaran, Minggu (9/6/2019), penumpang memadati pelabuhan, baik yang baru tiba dan akan berangkat. (Foto: Antara)

TANJUNGPINANG, iNews.id – Penumpang memadati Pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), pada H+4 Lebaran, Minggu (9/6/2019). Penumpang tersebut baik yang akan berangkat maupun yang baru tiba.

Pantauan di lapangan, para penumpang tidak hanya memenuhi ruang tunggu keberangkatan, tetapi juga memadati hingga ke akses pintu keluar-masuk pelabuhan.

“Data terakhir, Sabtu (8/6/2019), ada sekitar 7.000 penumpang yang datang dan 7.000 penumpang yang berangkat meninggalkan Tanjungpinang,” Kata Seksi Keselamatan Berlayar, Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, A Martawilata, Minggu siang.

BACA JUGA:

Belasan Pemudik Arus Balik Pingsan Kena Macet Berjam-jam di Pelabuhan Bakauheni

Minggu Siang Pintu Masuk Pelabuhan Bakauheni Macet Panjang

Martawilata memperkirakan, puncak arus mudik akan terjadi pada hari ini. Sebab, besok, Senin (10/6/2019), masyarakat khususnya PNS dan karyawan kantoran sudah kembali beraktivitas seperti biasa.

“Total pergerakan penumpang sejak Lebaran kedua hingga kelima, sekitar 21.241 masyarakat meninggalkan Tanjungpinang dan 21.872 kembali ke Tanjungpinang. Namun, untuk hari ini belum bisa kami jumlahkan,” katanya.

Dia menambahkan, hingga H+4 Lebaran, arus mudik di wilayah Kepri masih berjalan lancar tanpa kendala meskipun cuaca selama empat hari belakangan ini sering diguyur hujan.

“Sejauh ini masih aman karena kami saling koordinasi dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Keberangkatan kapal juga berdasarkan keadaan cuaca,” katanya.

Martawilata mengimbau kepada nakhoda dan penumpang agar berhatihati, terutama ketika cuaca ekstrem. Yang terpenting tetap mengutamakan keselamatan.

KSOP juga sudah melakukan pengecekan kapal sebelum arus mudik dan arus balik. Smua kapal dinyatakan laik untuk berlayar. “Kami juga meminta agar kapal tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas yang sudah ditentukan,” kata Martawilata.


Editor : Maria Christina