Hasil PSU di Tanjungpinang Kepri, Prabowo-Sandi Unggul Tipis

Sindonews ยท Minggu, 28 April 2019 - 10:42 WIB
Hasil PSU di Tanjungpinang Kepri, Prabowo-Sandi Unggul Tipis

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. (Foto: Antara)

TANJUNGPINANG, iNews.id – Pasangan presiden dan wakil presiden Prabowo-Sandi unggul tipis dalam pemungutan suara ulang (PSU) lima TPS di Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (27/4/2019). Paslon nomor urut 02 meraih 375 suara, sedangkan Jokowi-Ma'ruf Amin hanya memperoleh 311 suara dari total 693 pemilih.

Data tersebut dihimpun dari masing-masing TPS, yakni empat TPS di Tanjung Ayun Sakti. Adapun rinciannya TPS 14 Jokowi-Ma'ruf 56 suara dan nomor urut 02 Prabowo-Sandi 73, suara tidak sah dua suara dari total suara 131 suara. Kemudian di TPS 17 Jokowi-Ma'Ruf 37 suara dan Prabowo-Sandi 92 suara dari total 129 suara.

Selanjutnya di TPS 31 Jokowi-Ma'ruf 47 suara dan Prabowo-Sandi 83 suara dari total 130 pemilih. TPS 32, Jokowi-Ma'Ruf 25 suara dan Prabowo-Sandi 39 suara, dari total 65 pemilih. Terakhir TPS 14 Pinang Kencana, Jokowi-Ma'ruf 146 suara dan Prabowo-Sandi 88 suara, tidak sah empat suara dengan total 238 pemilih.

BACA JUGA: Prabowo-Sandi Unggul dalam PSU di Jakarta

Pelaksanaan PSU di Tanjungpinang dipantau langsung Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto. Kedatangannya untuk memastikan keamanan dalam proses PSU di Kepri yang sedang berlangsung di beberapa TPS.

"Saya khusus datang ke sini (TPS 14) untuk melihat secara langsung proses PSU di Tanjungpinang. Saya datang untuk memotivasi agar tetap semangat, terpenting jaga kesehatan dalam bertugas," kata Andap.

Dia menyampaikan, proses pengamanan Pemilu 2019 di Kepri dapat berjalan baik, aman, lancar dan kondusif. Hal ini berkat kerja sama yang baik semua komponen masyarakat, utamanya kedewasaan masyarakat Kepri, secara khusus Tanjungpinang.

"Alhamdulillah, pengamanan pemilu berjalan baik," ucapnya.

Andap menyebutkan, data keseluruhan TPS di Kepri sebanyak 5.477 TPS, yang saat ini masing-masing kotak TPS (logistik) sudah berada di tingkat panitia pemilihan (PPK). Ada 70 anggota PPK yang akan menjalankan tugas dalam pleno rekapitulasi penghitungan suara. Sejauh ini rekapitulasi sudah selesai sebanyak 49 PPK dan yang belum 21 PPK.

"Jumlah yang belum direkapitulasi sebanyak 2.171 TPS," ujarnya.

Selama proses pemilu berlangsung sudah empat orang meninggal dunia di Kepri. terdiri atas dua orang perlindungan masyarakat (Linmas), satu orang kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan satu orang anggota Satuan Brimob Polda Kepri.

Andap meminta kepada semua komponen masyarakat agar sama-sama menjaga pengamanan Tanah Bunda Melayu.

"Mari kita jaga Kepri dengan baik. Masyarakat tidak terpecah, tak terprovokasi. Apabila ada masalah sampaikan melalui mekanisme yang ada, baik itu melalui Bawaslu maupun Mahkamah Konstitusi," tuturnya.


Editor : Donald Karouw