Jokowi Targetkan Raih Minimal 70 Persen Suara di Kepri

Antara ยท Sabtu, 06 April 2019 - 18:53 WIB
Jokowi Targetkan Raih Minimal 70 Persen Suara di Kepri

Capres Nomor Urut 01 Joko Widodo berpidato di hadapan ribuan pendukungnya saat kampanye akbar di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (6/4/2019). Jokowi menargetkan perolehan suara di Kepri sebesar 70 persen pada Pilpres 17 April nanti. (ANTARA FOTO/M N Kanwa)

BATAM, iNews.id – Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menargetkan bisa meraih minimal 70 persen suara saat Pilpres 2019 di Kepulauan Riau (Kepri), dan sekitarnya. Optimismenya itu berdasarkan pengalaman Pilpres 2014 lalu dan melihat antusiasme puluhan ribu pendukung di daerah ini menghadiri kampanye.

“Tahun 2014 Jokowi-JK di sini, di Kepri kita dapatkan 59 persen. Tapi kalau melihat sore hari ini antusias seperti ini, berapa? Berapa? Saya tidak memasang target tinggi-tinggi. Minimal 70 persen, setuju? Artinya 80 boleh 90 boleh. 95 boleh. Minimal 70 persen,” kata Jokowi di Kompleks Stadion Temenggung Abdul Jamal, Kota Batam, Sabtu (6/4/2019).

BACA JUGA:

Kampanye di Batam, Jokowi Disambut Puluhan Ribu Pendukung

Jokowi Yakin Menang 70 Persen Suara di Asahan dan 65 Persen di Sumut

Dalam kampanye terbuka tersebut, puluhan ribu masyarakat memadati kompleks stadion dan berdesakan dalam cuaca yang panas terik. Mereka menyemut di sekitar panggung. Bahkan, ribuan yang lain tampak di sisi kiri dan kanan kompleks stadion.

Puluhan masyarakat pingsan karena tidak kuat menahan terik dan padatnya keadaan di lapangan tersebut. Jokowi yang didampingi sejumlah tokoh di antaranya Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra dan Ketua Harian TKN Moeldoko, beberapa kali mengingatkan masyarakat yang hadir agar tertib dan tidak saling dorong.


Capres Nomor Urut 01 Joko Widodo berjalan di hadapan ribuan pendukungnya saat kampanye akbar di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (6/4/2019). (ANTARA FOTO/M N Kanwa)

Jokowi pun mengajak para tokoh masyarakat, tokoh agaman, tokoh pemuda, dan masyarakat yang hadir di lapangan itu untuk bersatu dan mengangkat jari sama-sama. “Baru kali ini, belum dimulai saya sudah basah kuyup. Baju basah kuyup, inilah Batam yang luar biasa,” katanya.

Jokowi tampak antusias dan berdiri berganti-ganti menghadap massa yang menyemut di sekeliling panggung. Pada kesempatan itu, dia pun berpantun sebagaimana budaya masyarakat Melayu.

“Terbang tinggi siang dan malam. Melihat bermacam-macam kota. Tidak akan sampai di Batam saya, kalau bukan karena cinta,” katanya.

Beberapa pesan yang disampaikan Jokowi dalam orasi politiknya itu di antaranya agar masyarakat di Kepri khususnya Kota Batam tidak mudah percaya kabar bohong, hoaks, dan fitnah. Dia juga meminta kepada seluruh masyarakat agar pada 17 April 2019 berbondong-bondong datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya.

Setelah berkampanye akbar di Batam, Jokowi meninggalkan lokasi untuk kemudian kembali ke Jakarta setelah sebelumnya dari Kota Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut).


Editor : Maria Christina