Kapal Pengangkut Minyak Mentah Tenggelam, Perairan Karimun Tercemar

Iwan Mohan ยท Jumat, 25 Januari 2019 - 19:17 WIB
Kapal Pengangkut Minyak Mentah Tenggelam, Perairan Karimun Tercemar

Wartawan saat mengabadikan bagian kapal yang terbalik dan tenggelam di perairan Karimun. (Foto: iNews/Iwan Mohan)

KARIMUN, iNews.id – Kapal motor tangker (MT) Tabonganen 19 GT 757 yang sedang bersandar mendadak tenggelam di Perairan Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (25/1/2019). Saat karam, kapal itu diketahui masih mengangkut 1.100 liter crude oil atau minyak mentah.

Pantauan iNews, di lokasi tenggelamnya kapal tersebut tampak ceceran minyak mentah yang mencemari perairan. Aromanya juga sangat menyengat. Selain itu, bangkai kapal asal Palembang tersebut masih tampak timbul tenggelam di perairan sehingga membahayakan nelayan dan puluhan kapal yang kerap berlalu lalang.

Saksi mata Ujang mengatakan, melihat kapal dalam posisi terbalik saat akan melintas di Perairan Karimun untuk membeli kebutuhan sembako di Kota Tanjungbalai. Dia mengaku melihat kondisi kapal sudah dalam posisi tenggelam. Beberapa hari sebelumnya saat melintas, kapal itu tampak dijaga seorang pria.

BACA JUGA: Cuaca Ekstrem, 6 Kapal Besar Terdampar di Laut Jawa Tuban

“Saya melintasnya tadi pagi, kapalnya sudah tenggelam dalam posisi terbalik. Tidak ada siapapu di lokasi,” ujar Ujang, Jumat (25/1/2019).

Diketahui, kapal MT Tabonganen asal Palembang itu ditangkap Bea Cukai Kepri pada 23 Maret 2018. Kapal itu diamankan saat membawa 1.100 crude oil menuju perairan internasional saat ada di wilayah Laut Natuna oleh Kapal BC-7006.

Setelah kasusnya disidangkan, Bea Cukai Kepri menyerahkan tanggung jawab barang bukti kapal MT Tabonganen ke pihak kejaksaan. Saat ini di lokasi, sudah ada tim dari Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Karimun bersama TNI AL yang datang melakukan pengcekan atas tenggelamnya kapal tersebut.


Editor : Donald Karouw