Kapal SB Karomah 2 Terbakar di Perairan Pulau Buru Karimun, Puluhan Penumpang Panik

Iwan Mohan ยท Sabtu, 26 Oktober 2019 - 22:05 WIB
Kapal SB Karomah 2 Terbakar di Perairan Pulau Buru Karimun, Puluhan Penumpang Panik

Kapal penumpang SB Karomah 2 yang terbakar di Perairan Pulau Buru, Kabupaten Karimun, Kepri, Sabtu (26/10/2019). (Foto: iNews/Iwan Mohan)

KARIMUN, iNews.idKapal motor penumpang antarpulau SB Karomah 2 terbakar di Perairan Pulau Buru, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu sore (26/10/2019). Kebakaran sempat membuat puluhan penumpang panik.

Detik-detik terbakarnya Kapal Motor SB Karomah 2 yang membawa sebanyak 23 penumpang beserta tiga anak buah kapal (ABK) dan nakhoda, terekam dalam video amatir warga. Api terlihat terus berkobar dari bagian belakang hingga menuju bagian badan kapal. Para penumpang pun berteriak ketakutan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kapal pompong nelayan yang berada di sekitar lokasi berhasil mengevakuasi seluruh penumpang, ABK, beserta nakhoda kapal.

 

BACA JUGA:

Kapal Ikan Inkamina Terbakar di Perairan Tobelo, 12 ABK Berhasil Diselamatkan

Tabung Gas Elpiji 3 Kg Meledak, Kapal Bermuatan Sembako di OKI Sumsel Terbakar

 

Danlanal Tanjung Balai Karimum (TBK) Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro mengatakan, Kapal SB Karomah 2 berlayar dari Pelabuhan KPK Tanjungbalai Karimun menuju Pulau Buru. Dugaan sementara, kapal tersebut terbakar karena ada kebocoran bahan bakar minyak (BBM) dari kamar mesin.

“Api terlihat semakin besar sehingga penumpang pastinya panik. Penyebab timbulnya api masih dalam penyelidikan lebih lanjut. Namun, kalau dilihat asalnya dari kamar mesin, diduga mungkin ada overheat, kemudian ada yang BBM yang bocor sehingga menyebabkan kebakaran,” kata Catur Yogiantoro.

Asap hitam membubung dari kapal penumpang SB Karomah 2 yang terbakar di Perairan Pulau Buru, Kabupaten Karimun, Kepri, Sabtu (26/10/2019). (Foto: iNews/Iwan Mohan)

 

Para penumpang dan ABK Kapal SB Karomah 2 yang terbakar di Perairan Pulau Buru, Kabupaten Karimun, Kepri, berhasil dievakuasi, Sabtu (26/10/2019). (Foto: iNews/Iwan Mohan)

 

Catur mengatakan, pihaknya langsung mengirimkan dua Bakamla untuk membantu evakuasi para penumpang kapal dan ABK. “Semua berhasil kami evakuasi,” ujarnya.

Sementara salah satu penumpang yang selamat, Mukhlis mengatakan, mereka panik dan ketakutan karena melihat api yang membakar kapal semakin berkobar. Beruntung, ada kapal pompong nelayan yang lewat dan mendekati kapal tersebut. Mereka pun dievakuasi dari kapal yang terbakar.

“Semuanya merasa panik, namun alhamdulillah ada upaya penyelamatan yang dilakukan oleh pompong yang berasal dari Pulau Pari. Kapten kapal pompong melihat asap dari Kapal SB Karomah tadi, dia mendekati kapal karena tidak biasanya terjad,” kata Mukhlis.

Saat ini petugas sudah berhasil memadamkan api tersebut. Selanjutnya kapal diamankan di Pelabuhan Buru untuk proses penyelidikan lebih lanjut mengenai penyebab kapal terbakar.


Editor : Maria Christina