Kapal Tanker dan Kapal Pipa Laut Tabrakan, 22 Penumpang Dievakuasi

Antara ยท Senin, 14 Januari 2019 - 11:10 WIB
Kapal Tanker dan Kapal Pipa Laut Tabrakan, 22 Penumpang Dievakuasi

Ilustrasi kapal tabrakan. (Foto: Okezone)

TANJUNGPINANG, iNews.id – Kecelakaan kapal kembali terjadi. Kapal MV Star Centurion, yang membawa pekerja menangani pipa bawah laut dan Kapal Tanker MT Antea bertabrakan di Perairan Berakit, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Tanjungpinang, Budi Cahyadi mengatakan tabrakan terjadi Minggu (13/1/2019). Salah satu kapal dalam kondisi miring.

Budi menjelaskan, Senin pagi (14/1/2019), pihaknya sudah memperoleh kabar 22 orang penumpang kapal berhasil diselamatkan dengan menggunakan perahu sekoci.

“Jadi begitu kapal oleng, dua sekoci dikeluarkan dari kapal, dan ditarik dua kapal penyelamat lainnya. Penumpang berhasil dibawa ke Pelabuhan Singapura,” kata Budi di Tanjungpinang, Senin (14/1/2019).

BACA JUGA:

Kapal Feri Karam di Pulau Pasir Nagekeo NTT, 83 Penumpang Dievakuasi

Kapal Tanker Hilang Kontak 11 Hari di Perairan Sampit, Keluarga Cemas

Budi juga sudah menghubungi aparat yang berwenang di Singapura untuk memastikan hal tersebut. Sementara Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Tanjungpinang menugaskan sejumlah personel untuk siaga di Perairan Kijang, Bintan.

“Satu kapal siaga di perairan Kijang. Kemudian setelah dapat dipastikan seluruh penumpang selamat, petugas kembali,” ujarnya.

Budi enggan membeberkan kronologi peristiwa tersebut karena bukan wewenangnya. Menurut dia, pihak yang berwenang menyampaikan kronologis permasalahan itu, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjunguban, Bintan.

Namun, pihak KSOP Tanjunguban juga belum bersedia memberikan keterangan terkait kecelakaan ini. “Kami tidak mau outside dalam laksanakan tugas,” ucap Budi.


Editor : Maria Christina