KKP Tangkap 6 Kapal Asing di Laut Natuna Kepri dan Bitung Sulut

Kurnia Illahi ยท Minggu, 28 Juli 2019 - 13:50 WIB
KKP Tangkap 6 Kapal Asing di Laut Natuna Kepri dan Bitung Sulut

Salah satu kapal asing yang diamankan petugas KKP di perairan laut Indonesia. (Foto: Istimewa).

NATUNA, iNews.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap enam kapal perikanan asing (KIA) asal Vietnam dan Filipina di dua lokasi berbeda. Yakni di perairan Laut Natuna Utara, Kepri dan Laut Utara Sulawesi.

Plt Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Agus Suherman mengatakan, penangkapan ini berlangsung pada Sabtu (27/7/2019) kemarin.

"Penangkapan pertama terhadap tiga kapal dari Vietnam, ditangkap karena melakukan kegiatan penangkapan ikan tanpa izin," kata Agus dalam siaran pers yang diterima iNews.id, Minggu (28/7/2019).

BACA JUGA: KKP Kembali Tangkap 2 Kapal Asing Berbendera Malaysia di Selat Malaka

Ketiga kapal tersebut yakni, KM. BD 96687 TS dengan jumlah 12 orang ABK. Kemudian KM KM BD 97041 TS (ABK 13 orang) dan KM BL 93579 TS (ABK11 orang).

Selanjutnya ketiga kapal dan 36 ABK berkewarganegaraan Vietnam yang berhasil diamankan dikawal menuju ke Pangkalan PSDKP Batam untuk proses penyidikan.

"Lalu, penangkapan kedua terhadap tiga kapal asal Filipina di perairan Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI) Utara Sulawesi pada Minggu dini hari," ujar dia.

BACA JUGA: KKP Kembali Tangkap 2 Kapal Asing Ilegal Berbendera Vietnam

Ketiga kapal yang berjenis pumboat beserta 11 orang awak kapal warga negara Filipina dikawal menuju ke Pangkalan PSDKP Bitung Sulawesi Utara.

Selain penangkapan kapal asing tersebut, KKP juga telah menangkap 43 KIA selama periode Januari - Juli 2019. Kasusnya karena diduga melakukan kegiatan ilegal di wilayah perairan laut Indonesia.

"Sejumlah KIA yang telah berhasil ditangkap selama 2019, yaitu 18 Malaysia, 18 Vietnam, enam asal Filipina, dan satu Panama," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal