Lapas Batam Siapkan Sel Khusus untuk Mindo Tampubolon

Sindonews, Aini Lestari ยท Rabu, 26 Juni 2019 - 17:30 WIB
Lapas Batam Siapkan Sel Khusus untuk Mindo Tampubolon

Ilustrasi penjara khusus dengan pengamanan ketat. (Foto: Istimewa).

BATAM, iNews.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batam, Kepulauan Riau (Kepri), telah mempersiapkan sel khusus untuk mantan perwira Polri, Mindo Tampubolon, yang tega menghabisi nyawa istrinya. Sel tersebut dinilai memiliki pengamanan ketat.

Kepala Lapas Batam, Surianto mengatakan, sel tersebut tidak mudah dijangkau, baik oleh sesama narapidana ataupun penjaga tahanan.

"Bisa dibilang, penjara di dalam penjara. Tidak semua orang bisa menjangkau. Petugas saja tidak semua bisa masuk," kata Surianto saat dikonfirmasi wartawan di Kota Batam, Kepri, Rabu (26/6/2019).

Sel ini, kata dia, memiliki pengamanan maksimal. Ukurannya juga kecil, dan hanya bisa diisi maksimal tiga orang narapidana. Rencananya tempat itulah yang akan dipakai untuk menahan Mindo Tampubolon.

Alasannya, agar petugas mengenalinya secara jelas. Karena kalau ditempatkan di blok umum, agak sulit dikenali. Selain itu, untuk memastikan yang bersangkutan sehat secara jasmani dan rohani. Tujuannya lainnya untuk memastikan keamanan Mindo.

"Kita kan tidak tahu, apakah di dalam ada musuhnya atau tidak. Intinya demi keamanan yang bersangkutan juga," ujar dia.

Dia menambahkan, pihak Kejaksaan Negeri Batam telah berkoordinasi dengan Lapas Batam sejak Selasa (25/6/2019) kemarin untuk penyerahan terpidana kasus pembunuhan tersebut. Pihak lapas mengaku sudah siap atas penyerahan tersebut.

"Kalau kami kan selalu siap kapan saja. Kami hanya tinggal menunggu saja, kapan yang bersangkutan (Mindo) akan diserahkan ke sini," kata dia.

Sebelumnya, Mindo yang merupakan mantan perwira menengah Polda Kepri diduga telah terlibat pembunuhan sadis terhadap istrinya, Putri Mega Umboh, sembilan tahun lalu. Dia sempat menjadi buron selama tujuh tahun, sebelum akhirnya tertangkap.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal