Puluhan WNA Sindikat Penipuan Online Internasional Ditangkap di Batam

Gusti Yennosa ยท Rabu, 18 September 2019 - 21:17 WIB
Puluhan WNA Sindikat  Penipuan Online Internasional Ditangkap di Batam

Puluhan WNA Taiwan dan China ditangkap Polres Barelang Batam pada RAbu (18/9/2019). (Foto: Gusti Yennosa)

BATAM, iNews.id - Puluhan WNA asal Taiwan dan China diamankan aparat Satreskrim Polres Barelang Batam pada Rabu (18/9/2019). Mereka diduga tergabung dalam sindikat penipuan online internasional.

WNA yang berjumlah 47 orang ini diamankan dari dua tempat yang berbeda yakni ruko di kawasan Perumahan Mewah Grand Orchid dan Komplek Taman Niaga Sukajadi Batam Center Kota Batam. Dari puluhan WNA ini, empat orang di antaranya wanita.

Mereka diduga melakukan kejahatan berupa carding melalui internet maupun telepon. Hal ini terlihat dari banyaknya server telepon dan laptop yang mereka gunakan untuk melakukan aksinya.

BACA JUGA: Polisi Ungkap Kasus Online Shop Bodong di Yogyakarta

Menurut Kapolresta Barelang AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo, sasaran sindikat ini merupakan warga negara asal mereka dan juga warga Negara Jepang. “Proses penyidikan lebih lanjut sedang kita lakukan,” katanya.

Terbongkarnya sindikat ini bermula dari laporan masyarakat yang curiga dengan keberadaan para WNA ini. Sementara dari dokumen paspor, mereka masuk ke Indonesia melalui Jakarta sebagai pelancong. Mereka berada di Batam sejak empat bulan lalu.

Kini WNA ini digelandang ke Mapolresta Barelang. Polisi juga akan melakukan koordinasi dengan pemerintah Tiongkok dan Imigrasi Batam.


Editor : Umaya Khusniah