Rekapitulasi Suara di Kepri Berlangsung Demokratis dan Transparan

Mohammad Yamin ยท Kamis, 09 Mei 2019 - 23:41 WIB
Rekapitulasi Suara di Kepri Berlangsung Demokratis dan Transparan

Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 digelar di Mega Ballroom Hotel CK Tanjungpinang, Kamis (9/5/2019). (Foto: Istimewa).

TANJUNG PINANG - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun mengapresiasi pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 berlangsung aman, jujur, adil, transparan dan demokratis. Rapat pleno digelar di Mega Ballroom Hotel CK Tanjungpinang, Kamis (9/5/2019).

Rapat dibuka Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati didampingi para komisioner. Turut hadir Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Danrem 033 Wira Pratama, Danlantamal IV Tanjungpinang, Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri, Danlanud RHF, Bawaslu Kepri para saksi dan sebagainya.

“Masyarakat Kepri semakin dewasa, partisipasi pemilih cukup tinggi, sehingga pemilu berjalan aman. Kami ucapkan terima kasih kepada TNI-Polri bersama rakyat kuat, hingga situasi di Kepulauan Riau kondusif,” ujar Nurdin.  

Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) sekaligus tokoh masyarakat setempat  Abdul Razak mengucapkan terima kasih kepada TNI-Polri yang serius dan sungguh-sungguh menjaga Pemilu 2019. Sehingga situasi keamanan kondusif dan tidak terjadi keributan dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

"Pemilu di Kepri berjalan jujur, bersih, adil dan demokratis, bila ada permasalahan selesaikan dengan mekanisme dan hukum yang berlaku," ucapnya.

Hasil rapat pleno tersebut menyatakan, pasangan Capres Cawapres Jokowi -Ma'ruf Amin unggul di lima kabupaten/kota dari tujuah kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepri. Kota Tanjungpinang, Karimun, Bintan, Lingga dan Anambas.

Jokowi-Ma'ruf Amin di Kota Tanjungpinang memperoleh 63.099 suara, sementara Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno memperoleh 53.437 suara. Kabupaten Bintan Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 50.947 suara dan Prabowo-Sandi 37.087 suara.

Kemudian di Kabupaten Anambas Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 17.240 suara dan Prabowo-Sandi 8.867 suara. Di Kabupaten Karimun Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 70.783 suara dan Prabowo-Sandi sebanyak 59.884 suara. Sementara untuk Lingga, Jokowi meraih kemenangan terbesar di Kepri diangka 67%.


Editor : Kurnia Illahi