Suara Narapidana Menangkan Prabowo-Sandi di Rutan Tanjungpinang Kepri

Antara ยท Rabu, 17 April 2019 - 20:17 WIB
Suara Narapidana Menangkan Prabowo-Sandi di Rutan Tanjungpinang Kepri

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto bersiap menyampaikan konferensi pers terkait perolehan hitung cepat Pilpres 2019 di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (17/4/2019). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp)

TANJUNGPINANG, iNews.id - Pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Sandiaga Uno menang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 43, Rumah Tahanan (Rutan) Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (17/4/2019). Sebanyak 120 pemilih di TPS mencoblos Prabowo-Sandi, sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin hanya 73 orang.

"Pemilih yang menggunakan hak suaranya sebanyak 195 orang. Suara yang tidak sah ada dua," ujar Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Tanjungpinang Fajar Teguh Wibowo.

Sebelumnya, Kepala Rutan Tanjungpinang Fonika menyebutkan, jumlah narapidana atau warga binaan ada 431 orang, namun yang dapat menggunakan hak pilih ditambah petugas sipir sebanyak 208 orang.

BACA JUGA: Di TPS Ponpes Lirboyo, Prabowo-Sandi Hanya Dapat 1 Suara

Sementara warga binaan yang tidak dapat menggunakan hak pilih lantaran tak dapat menunjukkan nomor identitas kependudukan.

"Tanpa identitas kependudukan mereka tidak dapat menggunakan hak suara," katanya.

Berdasarkan catatan Rutan Tanjungpinang, dari 208 orang yang terdaftar sebagai pemilih tambahan di TPS 43, empat orang di antaranya sudah bebas. Dalam data pemilih juga terdapat seorang napi dikirim ke Dabo Singkep, tiga orang lainnya bukan warga binaan Rutan Tanjungpinang. 208 orang yang terdaftar ini termasuk 14 sipir dan seorang pengawas TPS.

"Ada satu orang lainnya atas nama Budiyono juga bukan warga binaan. Jadi dari 208 orang, sembilan orang di antaranya tidak ada di Rutan Tanjungpinang," tuturnya.


Editor : Donald Karouw