Warga Tanjungpinang Kepri Gelar Upacara HUT ke-74 RI di Atas Laut

Antara ยท Sabtu, 17 Agustus 2019 - 15:29 WIB
Warga Tanjungpinang Kepri Gelar Upacara HUT ke-74 RI di Atas Laut

Warga pesisir menggelar upacara HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Cilincing, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). (Foto: Antara).

TANJUNGPINANG, iNews.id - Masyarakat di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) menggelar upacara HUT ke-74 RI di atas laut Senggarang. Upacara juga diikuti jajaran kepolisian dan TNI AL.

Kapolsek Tanjujgpinang Kota, AKP Reza Anugrah mengatakan, upacara di atas laut ini merupakan inisiatif masyarakat setempat yang mayoritas bekerja sebagai nelayan tangkap tradisional.

"Tujuannya, untuk mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan Kemerdekaan RI, meningkatkan nasionalisme, melatih disiplin dan menguatkan persatuan dan kesatuan NKRI," kata Kapolsek Reza yang juga menjadi inspektur upacara, Sabtu (17/8/2019).

Pantauan di lapangan, Reza selaku inspektur upacara beserta seluruh peserta upacara mengambil posisi di atas dermaga Senggarang. Sementara, pemimpin upacara dan tiga petugas pengibar bendera merah putih berada di atas laut dengan sampan.

BACA JUGA: Merah Putih Berkibar di Lereng Argopuro, Pengibar Bendera Panjat Tebing 74 Meter

Meski dilaksanakan secara sederhana, namun masyarakat sekitar mulai dari orang tua hingga anak-anak begitu antusias mengikuti upacara ini dengan khidmat hingga selesai.

"Kami berencana upacara seperti ini akan digelar tiap menyambut momen HUT RI, bahkan lebih meriah dibanding saat ini," ujar dia.

Sementara, ketua panitia pelaksana Izaini menyatakan, waktu persiapan untuk menggelar upacara tersebut hanya satu hari.

Warga secara swadaya bergotong-royong membangun sampan apung sebagai tempat menaikkan bendera merah putih, menghias pelantar, dan memasang umbul-umbul.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal