Puluhan Kios di Pasar Pulung Kencana Tulang Bawang Barat Terbakar

Supriadi ยท Kamis, 09 Agustus 2018 - 21:57 WIB
Puluhan Kios di Pasar Pulung Kencana Tulang Bawang Barat Terbakar

Puluhan kios di Pasar Pulung Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung, terbakar, Kamis (9/8/2018). (Foto: iNews/Supriyadi)

TULANG BAWANG BARAT, iNews.id – Puluhan kios di Pasar Pulung Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung, ludes dilalap si jago merah, Kamis (9/8/2018). Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 15.30 WIB itu membuat para pedagang dan warga setempat panik. Namun, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Menurut pedagang, kebakaran pasar yang kedua kalinya terjadi itu diduga akibat korsleting listrik atau hubungan arus pendek di salah satu kios toko mas. Api dari kios itu terus membesar dan merembet membakar puluhan kios lainnya di Pasar Pulung Kencana.

Para pedagang berusaha menyelamatkan barang-barang dagangan dan memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, banyak pedagang yang tidak sempat menyelamatkan dagangan karena api yang berkobar dan terus membesar.

Petugas Pemadam Kebakan Pemkab Tulang Bawang Barat menurunkan tiga mobil pemadam ke lokasi kebakaran. Karena masih kewalahan untuk menjinakkan api, pemkab setempat pun meminta bantuan kepada pemadam kebakaran dari Kabupaten Tulang Bawang untuk menurunkan dua mobil pemadam.

Menurut pedagang, Sudarno, kios pasar yang mengalami kebakaran merupakan tempat penampungan sementara. Bahan bangunan kios yang terbuat dari tripleks mengakibatkan api cepat merembet. Akibat kejadian ini, pedagang merugi hingga miliaran rupiah.

“Toko besar ada sekitar 50-an, habis semua. Toko kecil juga banyak yang terbakar. Kabarnya kebakaran karena korsleting dari salah satu kios toko mas,” kata Sudarno.

Sudarno mengatakan, salah satu kios miliknya juga ikut terbakar. Akibat kebakaran itu, kerugian diperkirakan cukup besar karena banyak kios dan dagangan yang terbakar.

Hingga saat ini, Kepolisian Sektor (Polsek) Tulang Bawang Tengah dan Polres Tulang Bawang Lampung masih menangani kasus kebakaran di Pasar Pulung Kencana.


Editor : Maria Christina