3 ART yang Bantu Aulia Bunuh Suami dan Anak Tirinya Ditangkap di OKU Selatan

Andres Afandi ยท Jumat, 06 September 2019 - 15:59 WIB
3 ART yang Bantu Aulia Bunuh Suami dan Anak Tirinya Ditangkap di OKU Selatan

Direktur Ditreskrimum Polda Lampung Kombes Pol Barly Ramadhani menjelaskan penangkapan tiga ART yang membantu Aulia Kesuma membunuh suami dan anak tirinya, Jumat (6/9/2019). Tiga ART itu ditangkap di wilayah Kabupaten OKU Selatan, Sumsel. (Foto: iNew

BANDAR LAMPUNG, iNews.id – Tim gabungan Ditreskrimum Polda Lampung bersama Polda Metro Jaya kembali menangkap tiga asisten rumah tangga (ART) Aulia Kesuma (35), dalang pembunuhan suami dan anak tirinya di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), akhir Agustus lalu. Ketiga ART tersebut diduga ikut membantu Aulia menghabisi nyawa Edi Chandra Purnama (54) dan M Adi Pradana (23).

Direktur Ditreskrimum Polda Lampung Kombes Pol Barly Ramadhani mengatakan, tim gabungan berhasil menangkap ketiga ART setelah dua jam mendaki lereng gunung Dusun Tebak Cengkeh, Desa Telanai, Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan (Sumsel).

Ketiganya yakni, Rody Saputra Jaya (35), warga Desa Way Galih, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan; Suprianto (19), warga Desa Simpang Kanan, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Tanggamus, dan Karsini (43), warga warga Desa Way Galih, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan.

“Ketiganya diamankan dari tempat persembunyian mereka di lereng gunung Dusun Tebak Cengkeh, Desa Telanai, Kecamatan Banding Agung, OKU Selatan, pada Kamis (5/9/2019) dini hari,” kata Barly Ramadhani di Bandar Lampung, Jumat (6/9/2019).


BACA JUGA: Rekonstruksi di 2 Lokasi, Aulia Peragakan 58 Adegan Pembunuhan Suami & Anak Tiri


Penangkapan ketiga ART itu merupakan hasil pengembangan atas penangkapan dua tersangka eksekutor, atas nama Kusmawanto dan Nursahid. Keduanya telah lebih dahulu ditangkap di wilayah Kabupaten Lampung Tengah, beberapa waktu lalu.

Polda Lampung yang diterjunkan untuk membantu Polda Metro Jaya, menangkap ketiganya setelah melakukan pengintaian selama tiga hari. Ketiga tersangka kini telah dibawa langsung ke Mabes Polri untuk penyelidikan lebih lanjut.

“Setelah tiga hari, tim gabungan berhasil mengamankan ketiga tersangka. Ketiganya sudah dibawa oleh Polda Metro Jaya dan ditangani di sana. Kami hanya mem-back up saja,” kata Barly Ramadhani.

Diketahui, kasus pembunuhan ini berawal dari penemuan dua jasad pria yang hangus dalam minibus Toyota Cayla nopol B 2983 SZH yang terbakar di Kampung Bondol, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (26/8/2019). Dari hasil penyelidikan terungkap identitas kedua korban, Edi Chandra Purnama (54) dan putranya M Adi Pradana (23). Keduanya sengaja dibakar setelah dibunuh yang didalangi istri Edi sekaligus ibu tiri Adi, Aulia Kesuma.

Dalam melakukan pembunuhan ini, AK menyuruh dua pembunuh bayaran untuk menculik kedua korban di rumahnya di Lebakbulus I Kavling 129 B blok U15 RT 03, RW 05, Lebakbulus, Jakarta Selatan.

Setelah diculik, kedua korban kemudian dilumpuhkan dengan cara dibunuh dan jasadnya disimpan di minibus Toyota Cayla. Kedua mayat kemudian diserahkan kepada istri korban dengan cara bertemu di SPBU Cirendeu, Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jabar.

Untuk menghilangkan barang bukti, tersangka menyuruh anaknya KV membeli premium dan membawa kedua jasad ke semak-semak di Kampung Bondol. Setelah itu, premium yang dibelinya disiramkan di dalam mobil dan ke jasad tersebut kemudian membakarnya.


Editor : Maria Christina