3 Polisi yang Lepas Rentetan Tembakan saat Hajatan di Lampung Diperiksa Propam

Andres Afandi ยท Kamis, 19 September 2019 - 17:22 WIB
3 Polisi yang Lepas Rentetan Tembakan saat Hajatan di Lampung Diperiksa Propam

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menjelaskan soal pemeriksaan tiga oknum polisi yang menembakkan senjata saat acara hajatan warga di Kabupaten Lampung Utara, Lampung, Kamis (19/9/2019). (Foto: iNews/Andres Afandi)

BANDAR LAMPUNG, iNews.id – Tiga oknum polisi yang melepaskan rentetan tembakan saat acara hajatan warga di Kabupaten Lampung Utara, Lampung, sedang diperiksa oleh Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Lampung. Pemeriksaan itu menyusul aksi ketiganya yang viral di media sosial.

Adapun ketiga oknum polisi tersebut, yakni Bharatu AI yang bertugas sebagai anggota Polair Polda Sumatera Selatan (Sumsel), Bripka MF yang berstatus anggota Polsek Abung Tengah, Lampung Utara, dan Briptu OK, anggota Satnarkoba Polres Waykanan.

“Upaya yang dilakukan Polda Lampung saat ini untuk ketiga oknum tersebut, saat ini sudah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Ini akan didalami bidang Propam Polda Lampung,” kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad di Bandarlampung, Kamis (19/9/2019).


BACA JUGA: Viral, 3 Oknum Polisi Lepas Rentetan Tembakan saat Hajatan Warga di Lampung 


Zahwani mengatakan, sesuai dengan Standard Operasional Prosedur (SOP), setiap anggota Polri yang akan membawa senjata akan dilengkapi dengan dengan surat izin penggunaan senjata api atau disebut dengan SIPSA. Bid Propam Polda Lampung akan menyelidiki apakah ketiga oknum polisi tersebut memiliki SIPSA.

“SIPSA Ini yang sedang kami, senjata tersebut juga akan diperiksa. Saat ini ketiga oknum tersebut sedang menjalani pemeriksaan. Hasilnya nanti kita lihat dari penelusuran Bid Propam Polda Lampung,” kata Zahwani.

Diketahui, dalam video berdurasi 48 detik itu terlihat seorang laki-laki memakai jaket ponco berwarna abu-abu menembakkan senjata laras panjang ke udara di area pesta hajatan. Selain dia, seorang laki-laki berkemeja batik juga melepaskan tembakan ke udara.

Sejumlah anak-anak terlihat berebut memungut benda yang diduga selongsong peluru di lokasi pesta. Video ini pun mendadak viral di media sosial dan menuai banyak reaksi warganet.

Zahwani Pandra Arsyad sebelumnya mengatakan, aksi yang viral di media sosial itu terjadi pada hari ketiga acara adat Begawi, yakni pada Minggu (15/9/2019) lalu. Ketiga oknum ini merupakan bagian dari keluarga yang melaksanakan pesta hajatan atau adat Begawi Lampung untuk salah satu anggota keluarga yang mendapat gelar adat.

Salah satu prosesi dalam adat tersebut disebut turun mandi. Dalam prosesi turun mandi biasanya dimeriahkan dengan bunyi-bunyian letusan seperti mercon ataupun petasan. Tiga oknum polisi yang merupakan bagian dari keluarga yang melangsungkan acara berinisiatif menggunakan senjata api untuk memeriahkan acara.


Editor : Maria Christina