Banjir di Jalinsum Tarahan, Akses Bakauheni ke Bandarlampung Lumpuh

Antara ยท Jumat, 30 November 2018 - 12:38 WIB
Banjir di Jalinsum Tarahan, Akses Bakauheni ke Bandarlampung Lumpuh

Kondisi banjir di wilayah Tarahan, Lampung Selatan. (Foto: Istimewa)

BANDARLAMPUNG, iNews.id – Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Lampung menyebabkan luapan air sungai dan banjir di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsun) wilayah Tarahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Jumat (30/11/2018). Akibat kejadian ini, akses jalan terputus karena digenangi air setinggi 30 hingga 40 centimeter (Cm).

Banjir menyebabkan kelumpuhan akses dari Bakauheni menuju Bandarlampung maupun arah sebaliknya. Kendaraan tak bisa melintas karena ketinggian air, bahkan banyak yang terendam banjir dan menimbulkan kemacetan hingga 7 kilometer (Km). Namun kondisi itu memasuki siang berangsur-angsur diurai petugas.

"Air menggenang dan juga turun dari pegunungan. Kebetulan drainasenya tidak berjalan dengan lancar sehingga air menggenang dan menutup jalan," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Selatan I Ketut Sukerta saat dihubungi dari Bandarlampung, Jumat (30/11/2018).


Dia mengatakan, banjir selain menutupi ruas jalan juga menggenangi sebanyak 50 rumah di wilayah Tarahan. Ketinggian genangan air antara 40 Cm hingga 80 Cm.


BACA JUGA:

Bocah 11 Tahun dan Bayi 2 Bulan Terseret Banjir Bandang di Tapsel

Hujan Deras, Jembatan Botof di NTT Putus Diterjang Banjir


"Kami bersama warga di desa sedang mendata rumah yang tergenang banjir. Namun dalam kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa," ujarnya.

Dia menambahkan, atas peristiwa itu dirinya menurunkan personel sebanyak 25 orang. Selain itu, pihaknya juga telah menurunkan alat berat jenis eksavator untuk mengurangi ketinggian air yang menggenangi jalan. "Kami pinjam alat berat milik perusahaan swasta, hingga saat ini masih kami keruk drainase yang tersumbat," tuturnya.


Editor : Donald Karouw