Belasan Pemudik Arus Balik Pingsan Kena Macet Berjam-jam di Pelabuhan Bakauheni

Heri Fulistiawan, Antara ยท Minggu, 09 Juni 2019 - 15:42 WIB
Belasan Pemudik Arus Balik Pingsan Kena Macet Berjam-jam di Pelabuhan Bakauheni

Pemudik kendaraan bermotor roda dua saat beritirahat karena terjebak macet di pintu masuk dermaga Pelabuhan Bakauheni. (Foto: iNews.id/Irfan Maruf)

LAMPUNG, iNews.id – Belasan pemudik arus balik pingsan diduga akibat kelelahan dan dehidrasi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu (9/6/2019). Hal ini buntut dari antrean panjang masuk kapal di dermaga pelabuhan penyeberangan hingga berjam-jam.

Penumpang arus balik yang pingsan rata-rata merupakan pengendera motor. Mereka mendapat pertolongan pertama dari petugas selanjutnya dibawa ke Posko KKP Kelas 2 Panjang di Pelabuhan Bakauheni untuk penanganan lebih lanjut.

BACA JUGA: Hari Libur Terakhir, Pelabuhan Bakauheni Terus Dipadati Pemudik

Terpantau, kepadatan penumpang arus balik kendaraan roda dua ini menumpuk di Pelabuhan Bakauheni Lampung. Seperti di kantong parkir Dermaga 1, 2, 3, 5, 6 dan Dermaga 7. Beberapa di antara mereka tak sadarkan diri akibat kepanasan dan kelelahan, sedangkan pejalan kaki juga tampak kelelahan karena mengantre berdesakan saat masuk kapal.

Menurut petugas Posko KKP Kelas 2 Panjang Dokter Ani, hingga pukul 14.00 WIB terdapat 13 orang penumpang pingsan.

“Rata-rata mengalami kelelahan akibat mengantre yang terlalu lama sehingga memicu gangguan kesehatan seperti dehidrasi dan gangguan pencernaan,” ujarnya.

Salah satu keluarga penumpang yang pingsan, Wahyu mengatakan, mereka memang cukup lama mengantre. Selain itu, cuaca di pelabuhan juga sangat panas. “Memang dia lagi sakit, ditambah cuaca panas. Kami ngantre setengah jam tadi di dermaga 1,” kata Wahyu.

Puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni diperkirakan terjadi pada Minggu (9/6/2019) hari ini atau H+4 Lebaran 2019. Kemacetan tak hanya terjadi pada antrean kendaraan roda dua, namun juga roda empat.


Editor : Donald Karouw