Bupati Lampung Utara: Gak Zaman Pemimpin Hanya Beri Perintah

Diaz Abraham ยท Jumat, 16 November 2018 - 09:55 WIB
Bupati Lampung Utara: Gak Zaman Pemimpin Hanya Beri Perintah

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara saat menerima penghargaan kategori Pemerataan Pembangunan Infrastruktur dalam ajang Indonesia Awards 2018. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah terus melakukan pembangunan secara besar-besaran agar pemerataan ekonomi tercipta di tiap daerah. Namun tak hanya mengandalkan pusat, pembangunan juga gencar dilakukan oleh pemerintah masing-masing daerah.

Salah satu kabupaten yang menjalankan tugas pembangunan itu yakni Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara. Pemerintah daerah di sana telah membangun kotanya menjadi lebih baik hingga mendapat penghargaan kategori "Pemerataan Pembangunan Infrastruktur" dalam ajang Indonesia Awards 2018.

Atas apresiasi itu, Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara merasa amat bangga dengan pencapaian prestasi tersebut. Tak lupa dirinya mengucap syukur pada Tuhan dan iNews sebagai pihak penyelenggara.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada Allah dan iNews serta MNC Group atas penghargaan ini. Apresiasi ini menjadi motivasi dan cambuk karena selama ini kami tahu bahwa mengubah lebih sulit daripada membangun," katanya, saat menghadiri acara Indonesia Awards 2018 di Gedung iNews Tower, Jakarta, Kamis (15/10/2018).


BACA JUGA:

Daftar Lengkap Peraih Penghargaan Indonesia Awards 2018

Dirut BRI Suprajarto Tokoh Profesional Terbaik Indonesia Awards 2018


Penghargaan ini merupakan jerih payah dari berbagai pihak dalam membantu pembangunan infrastruktur yang ada di Lampung Utara. Tak lupa dia mengungkapkan jika kesadaran masyarakat dalam membangun daerahnya jadi kunci kesuksesan meraih penghargaan bergengsi tersebut.

Bupati Agung mengaku, selama ini hanya bekerja kurang lebih tiga jam di dalam ruang kantornya. Sisanya dimanfaatkan untuk turun ke lapangan untuk mengecek proyek, jalannya pelayan publik dan melihat langsung kondisi masyarakat.

Tindakan ini dilakukannya atas keyakinan bahwa perubahan pola pikir lebih berguna dibandingkan perkataan semata. Menurutnya, model pemimpin yang hanya memberi perintah pada bawahannya sudah tidak zaman lagi.

"Mindset lebih penting dari ucapan. Seribu ucapan akan kalah dengan satu tindakan. Jadi lebih baik memberi contoh ke masyarakat ketimbang memberi kata-kata, yang seperti itu sudah gak zaman lagi," ujarnya.

Dengan adanya capaian tersebut, Bupati Agung ingin daerahnya semakin berkembang dan hendak mempertahankan Penghargaan Adipura pada tahun depan. Dia juga berharap bahwa akan ada terobosan baru sehingga Kabupaten Lampung Utara jadi rujukan untuk daerah lain.


Editor : Donald Karouw