Cegah Massa People Power, Tim Gabungan Razia Kendaraan di Pelabuhan Bakauheni

Andres Afandi ยท Senin, 20 Mei 2019 - 22:11 WIB
Cegah Massa People Power, Tim Gabungan Razia Kendaraan di Pelabuhan Bakauheni

Petugas Polda Lampung merazia penumpang bus dari Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung terkait aksi people power. (Foto: iNews.id/Andres Afandi)

LAMPUNG, iNews.id - Petugas gabungan TNI/Polri memperketat keamanan di jalur penyeberangan Pelabuhan Bakauheni, Lampung jelang penetapan hasil Pemilu 2019 oleh KPU, Rabu (22/5/2019).

Petugas melakukan razia mengantisipasi pergerakan massa people power dari wilayah Sumatera menuju Jakarta. Aparat gabungan memeriksa tiap kendaraan dan penumpang yang melintas di pintu masuk pelabuhan dari arah Pulau Sumatera menuju Jawa.

Satu per satu kendaraan baik kendaraan pribadi maupun kendaraan angkutan umum yang melintas dihentikan petugas gabungan. Petugas juga memeriksa sejumlah barang bawaan penumpang kendaraan.

Wakil Kepala Polda Lampung, Kombes Pol Rudi Setiawan menegasakan, jajarannya akan menindak tegas terhadap sejumlah pihak yang terbukti akan mengikuti aksi people power karena dinilai akan berdampak terhadap stabilitas keamanan nasional. “People power ini merupakan tindakan inkonstitusional dan jelas melanggar hukum,” katanya, Senin (20/5/2019).

BACA JUGA:

Polda Jatim Amankan Bom Molotov dari Rombongan Massa People Power 22 Mei

Petugas Gabungan TNI-Polri di Jateng Rutinkan Razia Jelang 22 Mei

Dia mengatakan, razia kendaraan dan penumpang itu selain mengantisipasi pengerahan massa atau terduga teroris yang masuk melalui Pelabuhan Bakauheni, juga sekaligus menghadapi arus mudik Lebaran.

“Tapi, fokus utama kita pengamanan jelang penghitungan suara akhir di KPU Pusat, karena dikhawatirkan adanya pengerahan massa,” ujarnya.

Dalam penggeledehan tersebut, petugas hanya menahan satu kendaraan yang membawa senjata tajam asal Jambi. “Kalau nanti terbukti, pemilik senjata tajam ini akan kita proses,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki