Cek Mapolres Lamsel yang Terbakar, Kapolri Beri Bantuan Rp5 M dan Persenjataan

Heri Fulistiawan, Antara ยท Senin, 06 Mei 2019 - 17:54 WIB
Cek Mapolres Lamsel yang Terbakar, Kapolri Beri Bantuan Rp5 M dan Persenjataan

Kapolri saat menyerahkan secara simbolis bantuan dana Rp5 miliar untuk Mapolres Lamsel. (Foto: iNews/Heri Fulistiawan)

KALIANDA, iNews.id – Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian mengecek langsung bangunan Mapolres Lampung Selatan (Lamsel) yang telah ludes terbakar, Senin (6/5/2019). Dalam peninjauannya, Kapolri sekaligus membawa sejumlah bantuan untuk mendukung operasional kesatuan.

Kapolri mengungkapkan, Mapolres Lamsel merupakan kesatuan oparesional dasar kepolisian yang ada di Lampung. Letak gedung mapolres ini menjadi pintu gerbang ke Pulau Jawa dan pintu masuk Pulau Sumatera.

Untuk menunjang sarana dan prasarana tersebut, Mabes Polri telah membawa sejumlah bantuan seperti dana Rp5 miliar, persenjataan dan alat komunikasi. Diharapkan, pelayanan kepolisian tetap berjalan dan tak berhenti.

“Mereka (anggota) harus running jangan sampai berhenti hanya karena persoalan ini (kebakaran). Semua yang dibutuhkan sudah kami siapkan untuk operasional, baik uang, peralatan senjata, alat komunikasi serta kebutuhan lainnya,” ujar Tito.

BACA JUGA: Tinjau Mapolres Lampung Selatan yang Terbakar, Kapolri Tanya Kondisi Senjata

Kapolri menegaskan, proses identifikasi memastikan peristiwa yang terjadi ini merupakan musibah. Kebakaran disebabkan arus pendek listrik atau korsleting.

“Ini murni masalah korsleting. Kejadiannya juga di siang hari dan banyak saksi yang melihat langsung lokasi titik api,” katanya.

Informasi yang diperoleh, gedung Mapolres Lamsel yang baru akan berlokasi di Jalan Lintas Sumatera Km 63, dengan luas 1.900 meter bekas terminal Dinas Perhubungan Lampung Selatan. Anggaran pembangunannya mencapai sekitar Rp20 miliar.

"Bupati telah menyiapkan lahan 1,9 hektare lahan baru atau hampir dua kali lipat dari lahan Mapolres Lampung Selatan yang terbakar ini," ujar Kapolres Lamsel M Syahran.

Dia menambahkan, lahan untuk pembangunan mapolres sangat strategis dan tak terlalu jauh dengan kantor Pemkab Lamsel serta objek vital lainnya.

"Lahan yang diberikan cukup luas. Selain untuk kantor juga bisa dibangun rumah dinas para pejabat Polres Lampung," ucapnya.


Editor : Donald Karouw