Cuaca Buruk, Kapal Ferry Penyeberangan Tabrak Jembatan Penumpang di Pelabuhan Bakauheni

Heri Fulistiawan ยท Sabtu, 02 November 2019 - 14:45 WIB
Cuaca Buruk, Kapal Ferry Penyeberangan Tabrak Jembatan Penumpang di Pelabuhan Bakauheni

Kapal penyeberangan bersandar di Pelabuhan Bakaheuni Lampung. (Foto: iNews/Heri Fulistiawan).

LAMPUNG SELATAN - Kapal ferry penyeberangan (KMP) Mutiara Kencana menabrak gang way pintu masuk penumpang saat hendak bersandar di Dermaga 2 Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Insiden ini dikarenakan cuaca buruk di perairan selat Sunda beberapa hari terakhir.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun untuk sementara jembatan penumpang pejalan kaki tidak bisa digunakan karena mengalami kerusakan yang cukup parah.

"Ini murni faktor cuaca," kata General Manager PT Asdp Bakauheni, Hasan Lessy, kepada iNews di Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (2/11/2019).

BACA JUGA: Kapal Wisata Karam di Pantai Gandoriah Pariaman, Seorang Guru SMP Tewas dan 1 Kritis

Menurut dia, nakhoda kapal ferry tersebut sudah profesional. Namun karena kecepatan angin berkisar 20 - 30 knots per jam, kapal pun sulit dikendalikan. Hingga akhirnya kapal yang hendak bersandar malah menabrak pintu masuk.

Cuaca buruk di perairan selat Sunda dalam beberapa hari terakhir menyebabkan kapal-kapal kesulitan bersandar. Dia mengimbau agar ke depannya nakhoda selalu berhati-hati saat berlayar maupun akan bersandar.

"Kalau melihat prediksinya, cuaca akan seperti ini selama November hingga Desember nanti," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal