Erupsi Lagi, Gunung Anak Krakatau Semburkan Abu Setinggi 50 Meter

Ilma De Sabrini ยท Rabu, 13 November 2019 - 20:50 WIB
Erupsi Lagi, Gunung Anak Krakatau Semburkan Abu Setinggi 50 Meter

Erupsi Gunung Anak Krakatau terlihat dari KRI Torani 860 saat berlayar di Selat Sunda, Lampung, Selasa (1/1/2019). PVMBG menyatakan Gunung Anak Krakatau masih di level III (Siaga). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

JAKARTA, iNews.idGunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Provinsi Lampung kembali erupsi, Rabu (13/11/2019) pukul 16.50 WIB dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 50 meter di atas puncak.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 41 mm dan durasi 82 detik.

BACA JUGA: Gunung Anak Krakatau Alami 24 Kegempaan Letusan hingga Sabtu Siang

“Visual cctv kawah teramati letusan warna asap putih-hitam tebal tinggi lebih kurangk 200 m dari dasar kawah. Tidak terdengar suara dentuman,” tulis Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologoli (PVMBG) dalam laman resmi Badan Geologi Kementerian ESDM.

Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah.

BACA JUGA: Sempat Erupsi, Gunung Anak Krakatau Alami 17 Kali Gempa

Sebelumnya, Gunung Anak Krakatau erupsi dan dilanda 19 kali gempa pada Kamis, 7 November 2019.

PVMBG melaporkan Gunung Anak Krakatau teramati jelas hingga tertutup kabut. Melalui CCTV, teramati asap kawah bertekanan sedang berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tebal dan tinggi 25-300 meter dari atas kawah.


Editor : Kastolani Marzuki