Hari Libur Terakhir, Pelabuhan Bakauheni Terus Dipadati Pemudik

Irfan Ma'ruf, Antara ยท Minggu, 09 Juni 2019 - 11:00 WIB
Hari Libur Terakhir, Pelabuhan Bakauheni Terus Dipadati Pemudik

Kendaraan pemudik bersiap memasuki gerbang Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu (9/6/2019) pagi. (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf).

LAMPUNG, iNews.id, - Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan terus dipadati oleh pemudik yang ingin menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten. Antrean kendaraan terjadi di jalan menuju dan pintu-pintu masuk pelabuhan hingga Minggu (9/6/2019) pagi ini.

Kemacetan terpantau di Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum). Begitu pula di jalan tol mengarah ke Gerbang Tol Bakauheni Selatan.

Petugas-petugas ASDP dan kepolisian terus melakukan pengaturan lalu lintas menuju pintu masuk pelabuhan. Petugas ASDP yang bertugas di lapangan juga selalu menawarkan tiket manual bagi mereka yang belum memiliki uang elektronik untuk mempercepat arus pada tol gate di pintu masuk pelabuhan.

Antrean kendaraan saat hendak memasuki kapal roro di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (8/6/2019) kemarin. (Foto: Antara/Ardiansyah).

Kendati demikian, cara itu tidak terlalu signifikan mengurangi kepadatan. Lonjakan kendaraan terus menerus berdatangan baik itu dari Jalinsum maupun dari jalan tol.

Pada beberapa dermaga di Pelabuhan Bakauheni juga kantong-kantong parkir kendaraan yang ingin masuk ke kapal penyeberangan dipadati penumpang, baik itu penumpang pejalan kaki dan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Meski dibandingkan pada Sabtu malam dan Minggu dini hari tadi, kepadatan pemudik berkurang. "Tadi malam macet sampai 5 kilometer hingga Pasar Bakau," kata Kepala Satuan Binmas Polres Lampung Selatan AKBP Kurmen saat ditemui iNews.id di lokasi, Minggu (9/6/2019).


Editor : Zen Teguh