Kebakaran Mapolres Lampung Selatan, Nilai Kerugian Capai Rp6 Miliar

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 10 Mei 2019 - 19:06 WIB
Kebakaran Mapolres Lampung Selatan, Nilai Kerugian Capai Rp6 Miliar

Bangunan Mapolres Lamsel yang ludes dilalap api saat terjadinya kebakaran Kamis (2/5/2019). (Foto: iNews/Heri Fulistiawan)

JAKARTA, iNews.id – Hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan penghitungan dampak kebakaran yang menghanguskan Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Lampung Selatan (Lamsel), telah tuntas. Dalam peristiwa yang terjadi Kamis (2/5/2019), hasil inventarisasi nilai kerugiannya mencapai Rp6 Miliar.

Kabid Humas Polda Lampung AKBP Zahwani Pandra Arsyad memastikan, sumber api berasal dari ruangan Seksi Umum Mapolres Lamsel. Di mana nyaris seluruh bangunan ludes dilalap kobaran api.

"Iya betul, 90 persen kerusakan bangunan akibat bencana kebakaran," ujar Kabid Humas Polda Lampung AKBP Zahwani Pandra Arsyad saat dihubungi iNews.id, Jumat (10/5/2019).


BACA JUGA:

Cek Mapolres Lamsel yang Terbakar, Kapolri Beri Bantuan Rp5 M dan Persenjataan

Polda Lampung dan Mabes Polri Inventarisasi Kerugian Kebakaran Mapolres Lamsel


Dia mengatakan, karena nyaris seluruh gedung yang ludes terbakar, Mapolres Lamsel akan dipindahkan ke lokasi baru. Lokasi pembangunannya berada di Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum).

"Rencana akan dibangun lokasi bangunan baru di jalinsum, hibah tanah dari Pemkab Lamsel seluas 1.9 hektare. Tempat itu bekas terminal dengan waktu pembangunan 12 Bulan," katanya.

Diketahui, Mapolres Lamsel terbakar hebat Kamis (2/5/2019) pukul 11.15 WIB. Api pertama kali muncul dari dalam ruang seksi umum (SIUM) yang bersebelahan dengan ruang Bagian Perencanaan Polres Lampung Selatan.

Sumber kebakaran diduga akibat korsleting listrik di ruangan bagian umum. Nahasnya, ruangan tersebut dalam kondisi terkunci. Selanjutnya, api terus menjalar ke ruang-ruang utama, seperti ruangan kapolres, wakapolres dan sejumlah ruangan staf.


Editor : Donald Karouw