Kecanduan Sabu, Pemuda di Lampung Utara Jadi Begal Sepeda Motor

Haryadi HK ยท Rabu, 16 Januari 2019 - 20:34 WIB
Kecanduan Sabu, Pemuda di Lampung Utara Jadi Begal Sepeda Motor

Tersangka begal sepeda motor di Lampung Utara, FJ, saat diinterogasi polisi. (Foto: iNews/Haryadi).

LAMPUNG UTARA, iNews.id - Seorang pemuda di Kabupaten Lampung Utara, Provinisi Lampung, nekad menjadi begal sepeda motor di sejumlah titik daerah karena kecanduan narkoba. Hasil penjualan barang rampasan tersebut dipakainya untuk membeli sabu.

Kasat Reskrim Polres Lampung Utara, AKP Dony Kristian Bara Langi mengatakan, tersangka berinisial FJ diringkus petugas di rumahnya, Desa Maulang Maya, Kecamatan Kotabumi pada Selasa (15/1/2019) dini hari.

"Tersangka FJ bersama tiga orang rekannya beraksi di tiga lokasi," kata Dony di Mapolres Lampung Utara, Lampung, Rabu (16/1/2019).

BACA JUGA: Kawanan Begal Sadis di Kendal Ditangkap Polisi, 1 Pelaku Dilumpuhkan

Ketiganya yakni, FJ, PT (buron) dan NS (sudah diamankan) merupakan "pemain lama" dalam aksi begal ini. Mereka biasa mengincar anak di bawah umur yang membawa motor sendirian.

Saat ditanya petugas, FJ juga mengakui, hasil penjualan motor rampasannya dipakai untuk membeli narkoba. Kini polisi masih memburu PT yang kini masih daftar pencarian orang (DPO). Petugas sudah mendapatkan identitasnya, tinggal menangkapnya segera.

"Kalau rekannya satu lagi NS sudah diamankan sepekan lalu dengan korban anak-anak yang dibuang ke sungai," ujar dia.

BACA JUGA: Hindari Kredit, Ayah dan Anak Buat Laporan Polisi Palsu Motor Dibegal

Korban atas nama IR (14), warga Sungakai Jaya, Kecamatan Kotabumi Selatan, berhasil selamat setelah dibuang ke Sungai Way Melan. Sedangkan motornya dibawa kabur para tersangka ini.

Setelah merebut motor korban, ketiga tersangka begal ini langsung mengganti plat nomor polisi kendaraan tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengelabui proses penelusuran kepolisian.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal