Keluarga Korban Gempa dan Tsunami Palu Kesulitan Cari Informasi

Andres Afandi ยท Sabtu, 29 September 2018 - 16:49 WIB
Keluarga Korban Gempa dan Tsunami Palu Kesulitan Cari Informasi

Keluarga mendatangi Kantor Kejati Lampung untuk mengetahui kondisi keluarga mereka di Sulteng pascagempa dan tsunami, Sabtu (29/9/2018). (Foto: iNews/Andres Afandi)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

BANDARLAMPUNG, iNews.id – Akses informasi yang terputus pascagempa dan tsunami yang melanda Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), membuat para keluarga cemas. Sejumlah anggota keluarga di luar Sulteng kesulitan mengetahui keberadaan dan kondisi anggota keluarga mereka di kawasan bencana.

Salah satunya warga di Lampung. Pihak keluarga berupaya mencari bantuan informasi ke sejumlah instansi pemerintah di Pemerintah Provinsi Lampung. 

Keluarga Edman Putra Nuzula (36), jaksa yang bertugas di Kantor Kejaksaan Negeri Bungku, Morowali, mendatangi kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung, Sabtu pagi (29/9/2018). Wajah mereka terlihat sangat cemas. Mereka meminta bantuan mencari informasi tentang kabar dan keberadaan Edman Putra yang hilang kontak, pascaterjadinya gempa dan tsunami Jumat petang.

BACA JUGA:

276 BTS Rusak Pascagempa, Jaringan Telekomunikasi di Sulteng Putus

Pemulihan Jaringan Telekomunikasi Terkendala Dampak Tsunami

Pihak keluarga mengaku kehilangan kontak sejak Jumat petang (28/9/2018). Istri Edman, Selfi Aprilia mengatakan, sebelum terjadi gempa dan tsunami, Edman Putra Nuzula sempat menghubunginya via telepon. Saat itu, dia dalam perjalanan dari Poso menuju Kota Palu. Korban kemudian tidak dapat dihubungi setelah terjadi bencana gempa dan tsunami.

“Saya enggak nanya terakhir posisinya di mana. Cuma sebelumnya masih komunikasi posisinya di Bungku. Setelah gempa dan tsunami enggak tahu lagi, enggak bisa dihubungi lagi sampai saat ini,” kata Selfi Aprilia.

Mereka telah berupaya menghubungi sejumlah instansi pemerintah daerah setempat untuk mencari kabar dan keberadaan Edman Putra Nuzula pascagempa dan tsunami. Namun hingga saat ini, pihak keluarga belum mendapatkan informasi dan tidak dapat terhubung dengan Edman.

“Saya sudah email Dinas Kominfo Kabupaten Morowali, tapi belum ada jawaban pasti juga karena di sana provider telekomunikasi juga bermasalah, komunikasi lewat telepon juga tidak tersambung,” katanya.

Pihak keluarga berharap Edman Putra Nuzula dalam keadaan selamat. Keluarga juga ingin bisa segera mengetahui informasi kabar dan keberadaannya. “Kami berharap kondisinya sehat dan selamat. Semoga secepatnya dapat berita. Kami minta bantuan pemerintah supaya bisa mendapatkan informasi mengenai kondisi Edman,” kata mertua Edman, Restati.


Editor : Maria Christina