Kerap Erupsi, Ketinggian Gunung Anak Krakatau Bertambah 40 Meter

Heri Fulistiawan ยท Selasa, 02 Oktober 2018 - 18:32 WIB
Kerap Erupsi, Ketinggian Gunung Anak Krakatau Bertambah 40 Meter

Gunung Anak Krakatau saat mengeluarkan lava pijar dan erupsi. (Foto: iNews/Heri Fulistiawan)

KALIANDA, iNews - Ketinggian Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda bertambah sekitar 40 meter atau hampir mencapai 400 meter dari permukaan laut. Hal itu terjadi lantaran gunung api aktif itu terus mengalami erupsi sehingga material vulkanik yang ada dalam perut bumi naik ke permukaan.

Pantauan Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Desa Hargo Pancuran, Kecamatan Raja Basa, Lampung Selatan, hingga saat ini statusnya masih Waspada atau level dua.

“Seluruh masyarakat mau pun wisatawan dilarang mendekati gunung dalam radius 2 kilometer (Km) sebab akan sangat berbahaya,” kata Petugas Pos Pemantauan Suwarno, Selasa (2/10/2018).


BACA JUGA:

Meletus Lagi, Gunung Anak Krakatau Lontarkan Abu Setinggi 1.000 Meter

Gunung Anak Krakatau Meletus 44 Kali, Status Waspada


Menurutnya setelah mengalami erupsi yang cukup besar pada dua pekan lalu, saat ini aktivitas Gunung Anak Krakatau terlihat relatif normal. Meski masih terus menerus terjadi kegempaan, namun tergolong kecil dengan kekuatan amplitudo 5 sampai 50 milimeter (mm) atau dominan 40 mm.

“Kondisi cuaca yang cerah namun berawan membuat asap kawah Gunung Anak Krakatau tidak bisa teramati dengan baik. Namun dari visual CCTV teramati sinar api serta terdengar suara dentuman dan getaran kaca bisa dirasakan dari Pos Pantau Gunung Anak Krakatau,” ujarnya.

Tak hanya menimbulkan kekhawatiran warga, erupsi Gunung Anak Krakatau yang terjadi sejak tiga bulan terakhir menyebabkan alat seismograf yang ada di Gunung Anak Krakatau menjadi rusak. Kondisi gunung yang membahayakan keselamatan membuat pihak pos pantau belum bisa melakukan perbaikan.

Untuk melihat kondisi terkini Gunung Anak Krakatau, Pos Pantau hanya mengandalkan data dari pos lainnya yang ada di Kabupaten Serang, Banten.


Editor : Himas Puspito Putra