Oknum Polisi yang Kokang Senpi hingga Lukai Mahasiswa Diperiksa Polda Lampung

Heri Fulistiawan, Antara ยท Minggu, 11 Agustus 2019 - 00:30 WIB
Oknum Polisi yang Kokang Senpi hingga Lukai Mahasiswa Diperiksa Polda Lampung

Polda Lampung dan Polres Lampung Selatan mengolah tempat kejadian kasus penembakan yang melukai mahasiswa. (Foto: iNews.id/Heri Fulistiawan)

LAMPUNG, iNews.id – Brigadir Polisi (Brigpol) Patiko Jayadi, anggota KSPK Bakauheni Lampung Selatan yang diduga mengokang senjata api dan mengenai pinggang Rahmad Herianto, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Lampung masih diperiksa Propam Polda Lampung.

Direktur Ditreskrimum Polda Lampung, Kombes Pol Kombes Pol Barly Ramadhani mengatakan, insiden meledaknya senjata api milik salah satu anggota KSKP Bakauheni Lampung Selatan ini terjadi tanpa ada unsur kesengajaan.

Meski demikian, Menurut Barly, Polda Lampung bertanggung jawab penuh atas peristiwa kecerobohan yang dilakukan anggotanya.

“Yang bersangkutan sedang diperiksa penyidik Propam Polda Lampung dan akan memberikan sanksi tegas,” katanya, Sabtu (10/8/2019).

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pukul 09.30 WIB. Ketika itu, Brigpol Patiko Jayadi dari Polres Lampung Selatan dan Bripka Duansyah dari Polresta Bandarlampung bertemu di pelataran kampus.

"Keduanya janji bertemu untuk mengembalikan senjata api milik Bripka Duansyah," kata Pandra kepada wartawan di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, Sabtu (10/8/2019).

Menurut dia, Bripka Duansyah sebelumnya meminta tolong kepada Brigadir Patiko untuk memperbaiki senjata api miliknya.

Namun, sebelum dikembalikan ternyata tertinggal satu peluru di dalam senjata api tersebut. "Brigpol Patiko ini mengokang senjata ingin memastikan apakah senjata ini macet atau tidak," ujar dia.

Namun, kata Pandra, saat dikokang ke luarlah satu peluru dari senjata api tersebut dan meletus hingga menembus kaca mobil. Di sana ada seorang mahasiswa yang melintas terkena peluru di bagian pinggangnya.

Sementara itu, Rahmad Heriyanto masih menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Urip Sumoharjo Bandar Lampung.

Petugas medis sudah melakukan operasi serta mengangkat proyektil peluru yang bersarang dibagian pinggang korban. Saat kejadian, korban sedang duduk di kantin tak jauh dari lokasi kejadian.


Editor : Kastolani Marzuki