Pascabentrok, 500 Aparat Gabungan Dikerahkah ke Lokasi Register 45 Mesuji

Andres Afandi ยท Kamis, 18 Juli 2019 - 13:37 WIB
Pascabentrok, 500 Aparat Gabungan Dikerahkah ke Lokasi Register 45 Mesuji

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arysad. (Foto: iNews/Andres Afandi)

BANDARLAMPUNG, iNews.id – Sedikitnya 500 aparat gabungan dikerahkan ke lokasi pertikaian di lahan register 45 Mesuji. Petugas di lapangan ini terdiri atas Brimob Polda Lampung, Satuan Sabhara, Reserse dan Intelijen. Termasuk juga personel TNI dan jajaran Polda Sumatera Selatan.

“Kami juga telah koordinasikan penanganan kasus pertikaian ini dengan Polda Sumsel karena salah satu korban merupakan warga di wilayah hukumnya, di Mesuji Ogan Komering Ilir (OKI),” ujar Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arysad, Kamis (18/7/2019).

Dia menjelaskan, penanganan di lapangan saat ini mengutamakan pendekatan persuasif dan preventif untuk meredam kelompok yang bertikai agar menahan diri. Hal ini sesuai dengan instruksi Kapolda Lampung untuk koordinasi lintas sektoral.

BACA JUGA: Update Bentrok Mesuji, 9 Korban Luka Jalani Perawatan Intensif di RS Bhayangkara

“Kami juga mengajak tokoh masyarakat, tokoh agama, maupun panutan warga untuk bisa meredam agar situasi bisa tetap kondusif seperti semula. Kami mengajak semua pihak menahan diri dan tak mudah terprovokasi,” katanya.

Pandra mengungkapkan, dalam pertikaian dua kelompok warga ini, 13 menjadi korban dengan empat di antaranya meninggal dunia. Korban meninggal sudah diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan dan sembilan lainnya menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Lampung.

“Kondisinya ada delapan yang luka berat dan 1 luka ringan. Para korban masih ditangani tim dokter,” ucapnya.

Diketahui, penyebab bentroknya dua kelompok warga yakni Mekar Jaya Abadi KHP Register 45 SBM dan kelompok Pematang Panggang Mesuji Raya dilatarbelakangi pembajakan lahan di area lahan seluas setengah hektare milik salah satu warga bernama Yusuf (41) yang merupakan kelompok dari Mekar Jaya Abadi. Peristiwa bentrokan ini terjadi di Mekar Jaya Abadi KHP Register 45 SBM, Rabu (17/7/2019) pukul 14.00 WIB.


Editor : Donald Karouw