Polres Lampung Gagalkan Penyelundupan Narkoba Bernilai Miliaran Rupiah Dalam 2 Bulan

Heri Fulistiawan ยท Kamis, 31 Oktober 2019 - 13:08 WIB
Polres Lampung Gagalkan Penyelundupan Narkoba Bernilai Miliaran Rupiah Dalam 2 Bulan

Pelaku penyelundupan narkoba yang ditangkap petugas Sat Narkoba Polres Lampung Selatan. (Foto: iNews.id/Heri Fulistiawan)

LAMPUNG SELATAN, iNews.id – Dalam dua bulan, Sat Narkoba Polres Lampung Selatan menggagalkan penyelundupan belasan kilogram sabu-sabu, puluhan ribu pil ekstasi, ratusan kilogram ganja, ribuan pil Happy Five dan sekilo opium. Sebanyak 17 kurir dan pemilik narkoba juga turut diamankan.

Kapolda Lampung, Irjen Pol Purwadi Arianto mengatakan narkoba bernilai puluhan miliar itu rencananya akan diselundupkan ke Indonesia melalui Sumatera lalu menuju Jawa. Semua narkoba tersebut diamankan di area pemeriksaan Seaport Interdiction Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

“Pelaku rata-rata masih menggunakan cara lama untuk menyelundupkan barang yakni menggunakan jasa paket atau dikemas dan dicampur pakaian dan makanan untuk mengelabuhi petugas,” kata Purwadi, dalam konferensi pers di Mapolda Lampung, Kamis (31/10/2019).

Purwadi menyebutkan narkoba yang berhasil disita petugas di antaranya, 18,8 kilogram sabu-sabu, 61.200 butir ekstasi, 117 kilogram daun ganja kering, 2.500 butir happy five dan 1,3 kilogram narkotika jenis opium.

BACA JUGA:  Bawa 1.800 Butir Ekstasi, Reza Pahlevi Ditangkap Petugas Avsec Bandara Kualanamu

Sementara 17 pelaku berhasil ditangkap di berbagai tempat di wilayah Sumatera dan Jawa. Penangkapan merupakan hasil pengembangan kasus. Semuanya diringkus dalam delapan kali tangkapan atau kasus.

“Pelaku yang diamankan tidak hanya sebatas kurir, melainkan pemilik dan penerima narkoba,” katanya.

Pelaku yang berhasil ditangkap karena kepemilikan ganja di antaranya, M Nurkaffi dengan 12 kilogram ganja, Endang Setiawan dan Ajat Sudrajat dengan 18 kilogram ganja yang disembunyikan di dinding pintu mobil, Farizal Hidayat dan Yusuf Vantito yang akan menyelundupkan 27 kilogram ganja dan Adek Rohimin serta Dinar Januar dengan 60 kilogram ganja yang akan dikirim ke Jakarta.

Sementara pelaku kasus penyelundupan sabu-sabu seberat tiga kilogram, 2.500 butir Happy Five dan 1,3 kilogram opium, polisi berhasil M Husein, Sutomo dan Sofyanus Syauri.

BACA JUGA: Sipir Lapas di Langkat Gagalkan Penyelundupan 21 Paket Sabu dalam Bakso Granat

Penyelundupan 13 kilogram sabu-sabu dan 55 ribu butir pil ekstasi, polisi meringkus tiga orang tersangka yakni Edwin Zen, Syamsul dan Mustahar. Ketiganya membawa narkoba dari Riau dengan tujuan Jakarta.

Pelaku lain, Addaya Sangabang dan Eko Nur Cahyo ditangkap karena kepemilikan sabu-sabu seberat dua kilogram dan lima ribu butir pil ektasi.

Terakhir, penyelundupan 800 gram sabu dan 1.200 butir pil ekstasi, polisi mengamankan dua tersangka yakni Agustian dan Amikrudin.

Purwadi menyatakan akan meningkatkan pemeriksaan terhadap kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni untuk menekan penyelundupan narkoba. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka dan barang bukti diamankan di Mapolres Lampung Selatan. Pelaku akan di jerat dengan pasal 111, 112, 114 dan 126 Undang-Undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati.


Editor : Umaya Khusniah