Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub Lampung 2019-2024 di Istana Negara

Antara · Rabu, 12 Juni 2019 - 11:11 WIB
Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub Lampung 2019-2024 di Istana Negara

Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung periode 2019-2024, Arinal Djunaidi serta Chusnunia Chalim. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung periode 2019-2024, Arinal Djunaidi serta Chusnunia Chalim, di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (12/6/2019). Keduanya merupakan kepala daerah terpilih pada Pilkada Serentak 2018 lalu.

Penetapan pelantikan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden RI No 49/P Tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Masa Jabatan Tahun 2019-2024. Keputusan yang ditetapkan pada 2 Mei 2019 itu dibacakan oleh Deputi Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Cecep Sutiawan.


BACA JUGA: KPU Resmi Tetapkan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Terpilih


Arinal dan Chusnunia mengucapkan sumpah jabatan, yang dituntun oleh Presiden Jokowi. Keduanya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur dan wakil gubernur.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur, sebagai Wakil Gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” demikian sumpah jabatan tersebut.

Dalam pelantikan itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla turut mendampingi Presiden Jokowi. Sejumlah pejabat turut dalam acara pelantikan antara lain Menko Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Kemudian, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Militer Trisno Hendradi.

Usai pelantikan, Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim dijadwalkan akan bertemu dengan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Pertemuan tersebut merupakan amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi.


Editor : Maria Christina