Ratusan Anak Pengungsi Tsunami di Lampung Terkena ISPA dan Diare

Antara ยท Selasa, 08 Januari 2019 - 02:11 WIB
Ratusan Anak Pengungsi Tsunami di Lampung Terkena ISPA dan Diare

Ratusan pengungsi tsunami Selat Sunda masih mengungsi di Lapangan Tenis Indoor Kalianda, Lampung Selatan. (Foto: Dok.iNews.id)

BANDAR LAMPUNG, iNews.id – Jumlah korban bencana tsunami Selat Sunda yang mengungsi di Lapangan Tenis Indoor Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung sebagian besar sudah kembali ke rumah mereka masing-masing. Namun, sebagian lagi memilih masih bertahan di pengungsian.

Kondisi sebagian pengungsi itu terutama anak-anak mulai terkena penyakit ISPA dan diare. "Kebanyakan mereka telah pulang ke Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Sulistyaningsih, Senin (7/1/2019).

Menurut Sulistyaningsih, semula pengungsi korban bencana tsunami Selat Sunda, Sabtu (22/12-2018) malam yang berada di Lapangan Tenis Indoor Kalianda sebanyak 2.000 jiwa. "Sampai sekarang pengungsi tinggal 300 jiwa lagi yang masih berada di Lapangan Tenis Indoor," kata dia.

BACA JUGA:

Pengungsi di Labuhan Pandeglang Mulai Terserang ISPA dan Gatal-Gatal

Ratusan Korban Tsunami di Sukaraja Lampung Terserang Cacar dan ISPA

Selain itu, lanjut Kabid Humas Polda Lampung, sebanyak 119 pengungsi telah memeriksakan kesehatan di posko kesehatan yang berada di lokasi ini. Tercatat, mayoritas anak-anak yang mengungsi itu menderita penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan diare. "Berdasarkan data dari posko kesehatan kebanyakan anak-anak menderita penyakit ISPA dan diare," kata dia.


Editor : Kastolani Marzuki