Ratusan Penumpang KMP Mutiara Persada II Demo, Jalur Pelabuhan Bakauheni Macet

Heri Fulistiawan, Antara ยท Sabtu, 08 Juni 2019 - 15:35 WIB
Ratusan Penumpang KMP Mutiara Persada II Demo, Jalur Pelabuhan Bakauheni Macet

Penumpang KMP Mutiara Persada II beristirahat di ruang tunggu Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Lampung, Jumat (7/6/2019). Para penumpang yang kecewa akhirnya menggelar aksi demo karena karena kapal untuk mengangkut kendaraan mereka belum juga bersandar, hingga Sabtu (8/6/20919). (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

BANDARLAMPUNG, iNews.id – Ratusan penumpang KMP Mutiara Persada II berdemonstrasi di jalur masuk dan keluar dermaga III, IV, V, dan VI Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Sabtu (8/6/2019). Mereka kecewa kepada manajemen karena kapal yang mengangkut kendaraan mereka belum juga bersandar.

Berdasarkan pantauan, penumpang yang berdemo di arus lalu lintas dermaga itu membuat kemacetan panjang kendaraan pada jalur tersebut. Mereka mendesak pihak manajemen segera merealisasikan janji-janjinya.

“Ini janji-janji terus, dari kemarin disuruh tunggu jam sekian, tidak juga datang dijanjikan lagi, kami ini jauh perjalanannya,” kata salah satu penumpang KMP Mutiara Persada II, di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Ningsih (49).

BACA JUGA:

KMP Mutiara Persada II Kandas di Pulau Rimau Balak Dekat Pelabuhan Bakauheni

Kapal Kandas di Selat Sunda, 516 Penumpang Dievakuasi di Tengah Laut

Para penumpang merasa kesal atas janji perwakilan manajemen KMP yang mengatakan, kapal sudah sandar di Bakauheni sekitar jam 10.00 WIB. Namun, hingga jam 12.45 WIB, kapal tidak kunjung bersandar.

“Kata mereka, jam 10.00 kapal sudah sandar. Tapi, kami perhatikan yang sandar di dermaga III kapal lain. Begitu juga kapal berikutnya yang sandar bukan kapal yang kami tumpangi,” katanya.

Hal serupa dikatakan penumpang KMP Mutiara Persada II lainnya, Suhadi. Tindakan yang mereka lakukan bentuk kekecewaan para penumpang terhadap pihak manajemen. Manajemen harus mengambil keputusan dan jangan hanya memberikan janji-janji.

“Apabila hari ini kapal tidak sandar dan mobil kami belum bisa keluar, kami akan lakukan aksi ini hingga pagi hari. Manajemen harus memperlihatkan bukti bahwa kapal sudah bisa menyandar,” katanya.

Sementara itu, manajemen Pelabuhan Bakauheni serta TNI/Polri berupaya mendinginkan suasana penumpang. Mereka terus memberi pengertian dan negosiasi kepada para penumpang. Pada akhirnya, penumpang pun tidak lagi memblokir jalan masuk sehingga arus kendaraan di jalan masuk dermaga bisa kembali lancar.


Editor : Maria Christina